SOSIALISASI DAN DEMONSTRASI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN TAKAKURA

  • Hernita Pasongli Universitas Khairun
  • Rizky Sinaga Universitas Syiah Kuala
  • Lely Nasution Universitas Khairun
  • Vrita Tri Aryuni Universitas Khairun
  • Eva Marthinu Universitas Khairun
Keywords: Sosialisasi, Demonstrasi, Sampah, Takakura

Abstract

Sampah merupakan masalah yang sejak dulu hingga kini sulit untuk diatasi dalam lingkungan masyarakat, karena sampah telah menjadi barang keseharian masyarakat. Oleh karena itu perlunya adanya agen sebagai penghubung atau pelantara dalam mengimplementasikan pengetahuan dalam pengelolaan sampah. Agen tersebut adalah peserta didik. Peserta didik dapat menjadi agent of change di sekolah yang dapat membawa perubahan di masyarakat. Hal ini disebabkan karena sekolah merupakan miniature masyarakat yang dapat dijadikan sebagai media pendidikan dalam pengelolaan sampah sejak dini. Oleh karena itu diperlukan pemahaman sejak dini terkait dalam pengelolaan sampah yang baik dan benar. Pengenalan pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan mengenalkan salah satu metode yang sangat sederhana, murah dan cepat yang dapat dilakukan oleh peserta didik yaitu metode Takakura. Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih satu bulan dengan klayak sasaran yakni siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Ternate. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan pertimbangan berdasarkan tujuan tertentu. Metode Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan demonstrasi. Hasil yang diperoleh yakni peserta didik dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dan demontrasi dengan baik. Pemahaman siswa meningkat dalam hal mengenal sampah dan dampak dari sampah sedangkan tahapan demonstrasi dan implementasi dari metode Takakura yakni siswa sangat memahami dengan benar langkah-langkah dalam mengolah sampah rumah tangga sehingga produk yang dihasilkan dari sampah, yang berasal dari dedauan, sisa makanan dari kantin dan sampah rumah tangga dapat diubah menjadi kompos.

References

Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hernita Pasongli, Risky Nuri Amelia, Yuni Andriyani Safitri, Eva Marthinu, Vrita Tri Aryuni, Syarifuddin Adjam. 2022. Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah di Kelurahan Akehuda Dengan Menggunakan Metode Takakura. Abdi Wina – Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume: 2 (1); Juni 2022. Pp (63-72)

Ichi M. 2021. Sampah Ancaman Serius Laut Ternate. Https://Www.Mongabay.Co.Id/2021/09/26/Sampah-Ancaman-Serius-Laut-Ternate/. Unkhair Press.

Rosmala, A., Mirantika, D., & Rabbani, W., 2020. Takakura Sebagai Solusi Penanganan Sampah Organik Rumah Tangga. Abdimas Galuh, 2(2), 165-174.

Sasongko, H., Purbosari, P.P., Salamah, Z., & Utami, N.P., 2020. Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Menggunakan Metode Tatakura Di Desa Somongari Kabupaten Purworejo. Prosiding Seminar Nasional-Unimus, 3, 658-665

Warjoto, R. E., Canti, M., & Hartanti, A. T. 2018. “Metode Komposting Takakura Untuk Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga Di Cisauk Tangerang”. Jurnal Perkotaan, 10(2), 76-90.

Ying, G.H.C., & Ibrahim, M.H., 2013. Local Knowledge In Waste Management: A Study Of Takakura Home Method. Journal Of Environmental Science, Computer Science And Engineering & Technology (Jecet), 2(3), 528-533.

Published
2023-03-03
How to Cite
Pasongli, H., Sinaga, R., Nasution, L., Aryuni, V., & Marthinu, E. (2023). SOSIALISASI DAN DEMONSTRASI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN TAKAKURA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 155-161. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1124