PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SD NEGERI 218/II LIMBUR BARU
Abstrak
ABSTRAK
Berdasarkan observasi di SD Negeri 218 Limbur, hasil belajar siswa kelas V masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari kriteria ketuntasan minimal (KKTP) yang ditetapkan sekolah 75, dari 23 siswa hanya terdapat 12 siswa yang tuntas belajar dan 11 siswa lainnya belum tuntas belajar. Hasil belajar siswa yang masih rendah disebabkan karena pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode konvensional (ceramah). Metode ini membuat siswa menjadi pasif dan kurang kreatif sehingga perlu digunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan tertarik dengan pembelajaran. Model yang dapat diterapkan misalnya dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik Materi Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia dan Dampaknya Bagi Makhluk Hidup dan Lingkungan dengan menggunakan model Picture and Picture pada siswa kelas V SD Negeri 218 Limbur semester I Tahun pelajaran 2023/2024 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan Standar Kompetensi “Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam” di SD Negeri 218 Limbur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata–rata 81 dengan persentase ketuntasan 78% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata–rata menjadi 89 dengan persentase ketuntasan 96%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar Tematik siswa kelas V di SD Negeri 218 Limbur.
Kata kunci: Picture and Picture , Hasil Belajar, Proses Belajar, Tematik.
Referensi
Amir, Almira. Proses
Pembelajaran, Jurnal Logaritma, 3, 2018.
Dimyati dan Mudjiono, 2018. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional, 2018. Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2018, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Hamdani, M. A. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hosnan, 2018 Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Dalam Kurikulum KKTP. Jakarta: Bumi Aksara Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Majid, Abdul. Pengertian Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Putra, Sitiatava Rizema. Pembelajaran Tematik. Yogyakarta: DIVA Press, 2018.
Putri, M.A., & Farida, S. ( 2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3),
-3379.
Subana dan Sunarni. 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia: Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media
Pengajaran.Bandung: Pustaka Setia.
Susanto Ahmad. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Picture and Picture , Hasil Belajar, Proses Belajar, Tematik. Picture and Picture , Learning Results, Learning Process, Thematic.
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-07-31
|
Cara Mengutip | : |
Martinis, & Abdulah. (2024). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SD NEGERI 218/II LIMBUR BARU. Jurnal Muara Olahraga, 6(2), 168–179. https://doi.org/10.52060/jmo.v6i2.2334
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|