PENINGKATAN PEMAHAMAN PENJUMLAHAN DENGAN TEKNIK MENYIMPAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS II SD NEGERI 218/LIMBUR BARU

Yeni Santi ( a:1:{s:5:"en_US";s:25:"SD NEGERI 218/LIMBUR BARU";} )
Abdulah ( Universitas Muhammadiyah Muaro Bungo )

Abstrak

ABSTRAK

Masalah penelitiannya adalah pemahaman materi hitung penjumlahan bersusun yang kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman materi penjumlahan bersusun dengan teknik menyimpan melalui penggunaan alat peraga rak nilai bilangan. Siswa kelas II SD Negeri 218 Limbur yang memiliki hambatan intelektual dengan tingkat yang ringan akan mendapatkan manfaat dari pemahaman yang lebih baik tentang konsep operasi penjumlahan bersusun. Jenis penelitian ini disebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang pada setiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Setiap siklus memiliki empat fase yang saling terkait: observasi, refleksi, pelaksanaan tindakan, fase perencanaan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah empat siswa SD Negeri 218 Limbur kelas II. Data dikumpulkan melalui metode tes dan observasi. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data, dan disajikan tabel yang menunjukkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II, Hasil analisis data dan refleksi menunjukkan bahwa penelitian siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan, yaitu pemahaman konsep matematika yang lebih baik karena menunjukkan hasil belajar dan kemampuan siswa dalam memahami dan melakukan operasi penjumlahan bersusun dengan teknik menyimpan, kemudian pada Rata-rata hasil pada siklus II sebesar 62,5%.Dengan menggunakan teknik menyimpan, siswa mampu memahami konsep penjumlahan bersusun, yang tidak hanya mencapai tujuan yang diinginkan tetapi juga meningkatkan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga rak nilai bilangan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi penjumlahan bersusun dengan teknik menyimpan.

Kata kunci: penjumlahan bersusun, rak nilai bilangan.

Referensi

Amini, Arruhil, dan Elsa Efrina. 2019. “Media Kantong Bilangan dalam Meningkatkan Konsep Nilai Tempat pada Anak Berkesulitan Belajar.” Jurnal Penelitian Pendidikan

Khusus 7(2):49–54.

https://ejournal.unp.ac.id/inde x.php/jupekhu/article/view/10 4349

Awalia, Hikmah Risqi. 2016. “Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan.” Vol 9 No 1.

https://ejournal.unesa.ac.id

Faisah, Septi Nur, Mufid Amien Siregar, Firanda Firanda, Irga Nandita, Mujahadah Mujahadah, Aeinatul Auliyah, Musdalifa Musdalifa, dan Auliaul Fitrah Samsuddin. 2023. “Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Dalam Belajar Mengenal Angka Di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika,

Hikmah, Annafi’atul. 2018. “Penanganan Anak Tunagrahita Mampu Didik

Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Bangunrejo 2 Kricak Kota Yogyakarta.” skripsi, PGSD. https://eprints.uny.ac.id/5736 2/

Islamiyah, Elsi Siyasatul, dan Lelly Qodariah. 2022. “Alat Peraga Kantong Bilangan Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Nilai Tempat Bilangan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6(2):294–304. doi: 10.23887/jipp.v6i2.50124.

Juniarti, Nashatun. 2022. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Kantong Bilangan Pada Murid Autis Kelas Ix Di Slb Ypac Makassar.” Universitas Negeri Makasar. http://eprints.unm.ac.id/2250 6/

Khirawati, Uswa Fadiah. 2022. “Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar Iii Di Slb Somba Opu Kabupaten Gowa.” Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/22192

/

Khotimah, S. H., dan Risan Risan. 2019. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar

Matematika Pada Materi Bangun Ruang.” Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan 3(1):48–55. doi:

23887/jppp.v3i1.17108.

Laja, Yosepha Patricia Wua, Justin Eduardo Simarmata, dan Ferdinandus Mone. 2021. “Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Memahami Konsep Geometri Berdasarkan Teori Jean Piaget.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(4):2417–23. doi: 10.24127/ajpm.v10i4.4180.

Loban, Jeni Marianti, Aubahri Tehing, dan Joys Yanti Beli. 2021. “Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Kelas Xi Sma Negeri Kolana, Alor Timur.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion 2(1):69–72. doi: 10.32493/jpka.v2i1.12590.

Mahmud, Nurhani, dan Astuti Muksin. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Example non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah I Gotalamo Kecamatan Morotai Selatan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7(3):151–61. doi:

5281/zenodo.5015106.

Mela, Disa, dan Armaini Armaini. 2021. “Meningkatkan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Menggunakan Media Gelas Bilangan Bagi Anak Diskalkulia.” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 9(1):151–56. doi: 10.24036/juppekhu1116070. 64.

Melyati, Melyati. 2016.

“Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang

Penjumlahan Bilangan Dengan Menggunakan

Metode Permainanpada Peserta Didik Kelas I Sd Negeri 12 Kepahiang.” JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(2):243–47. doi: 10.33369/pgsd.9.2.243-247.

Muhammad, Muhammad. 2021. “Peningkatan Keterampilan Bina Diri Mengancing Baju Pada Murid Tunagrahita Sedang Melalui Media Model Bantal Berkacing Lengan Pendek Kelas Vi C Di Slb Negeri 1 Barru.” masters, Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/21133

/

Nasaruddin, Nasaruddin. 2015. “Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.” Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 3(2):21–

doi:

24256/jpmipa.v3i2.232.

Ratnasari, Devi. 2016.

“Pengaruh Penggunaan Media Kantong Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bilangan Secara Bersusun Pada Siswa Kelas 1 Sd N Prambanan Sleman.” skripsi, PGSD.

https://eprints.uny.ac.id/3789 8/

Sanusi, Rahmat, Eka Lenggang Dianasari, Karunia Yulinda Khairiyah, dan Rudi Chairudin. 2020.

“Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan Edutama 7(2):37–46. doi:

30734/jpe.v7i2.745.

Sari, Siti Fatimah Mutia, Binahayati Binahayati, dan Budi Muhammad Taftazani. 2017. “Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta).” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4(2). doi: 10.24198/jppm.v4i2.14273.

Telaumbanua, Yamomaha. 2020. “Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan

Pecahan.” Warta Dharmawangsa 14(4):709–

doi:

46576/wdw.v14i4.900.

Yanni, Avi, Izzatin Kamala, Muhammad Shaleh Assingkily, dan Rahmawati Rahmawati. 2020. “Analisis Kemampuan Intelektual Anak Tunagrahita Ringan Di Sd Negeri Demakijo .” Jurnal Pendidikan 21(1):64–75. doi: 10.33830/jp.v21i1.843.2020.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-07-31
Cara Mengutip  :  
Santi, Y., & Abdulah. (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN PENJUMLAHAN DENGAN TEKNIK MENYIMPAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS II SD NEGERI 218/LIMBUR BARU . Jurnal Muara Olahraga, 6(2), 145–157. https://doi.org/10.52060/jmo.v6i2.2281
Terbitan  :