UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 213 LUBUK BERINGIN

Sasmita ( SEKOLAH DASAR NEGERI 213 LUBUK BERINGIN )
Subhanadri ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

ABSTRAK

Mendidik siswa menjadi manusia yang baik tidak terlepas dari peran guru dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai guru. Guru dituntut untuk bertindak sebagai tenaga pendidik yang profesional. Peran kepala sekolah sebagai pemimpin mencerminkan tanggung jawab kepala sekolah untuk menggerakkan seluruh sumber daya yang ada di sekolah, sehingga lahirlah etos kerja dan produktivitas yang tinggi dalam mencapai tujuan. Fungsi kepemimpinan sangat penting sebab di samping sebagai penggerak juga berperan untuk melakukan kontrol segala aktivitas guru (dalam rangka meningkatkan professional mengajar).

Dalam lembaga pendidikan profesionalitas seorang guru sangat diperlukan untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan cara mengadakan pembinaan dan pengawasan secara langsung kepada guru terkait dengan proses pelaksanaan pembelajaran didalam kelas. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dengan cara memberikan contoh yang baik terhadap guru. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial dengan cara menciptakan nuansa kebersamaan dan kekeluargaan dengan cara meningkatkan komunikasi antar guru. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, dengan cara melakukan pembinaan maupun mengikutsertakan guru dalam kegiatan Diklat, seminar, workshop, maupun KKG, untuk memperluas pengetahuan guru serta mendapatkan ilmu yang baru, sehingga mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran di sekolah.

Kata kunci: Kepala Sekolah, Profesional, Guru

Referensi

Lazwardi, Dedi. (2016). "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru." Al-Idarah: jurnal kependidikan Islam 6 (2).

Lexi J. Moleong. (2014). Metodologi Peneltian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakakarya.

Moh. Uzer Usman. (2016). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Cipta Pustaka. Moh. Uzer Usman. (2016). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Cipta Pustaka.

Mulyasa. (2018). Ciri-ciri Komitmen Guru Profesional, Bandung: Tarsito. Musfah, Jejen. (2019). Membumikan Pendidikan Holistik, Jakarta: Kencana.

Nikmah, M., Irawan, D., & Azhar, A. (2017). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Guru Di Sdn 2 Kalirejo Pesawaran: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah

Nugraheni, A. S., & Khanifah, S. (2016). Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan 2 (2).

Otuko, A. H., Chege, K., & Douglas, M. (2013). Effect of training dimensions on employee’s work performance: a case of mumias sugar company in Kakamega County. International Journal of Business and Management Invention.

Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh kelompok kerja guru (KKG) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan kemampuan menulis karya ilmiah. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 4 (2).

Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5 (1)

Sudrajat Ahmad. (2017). Guru Profesional Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Alignment: Journal of Administration and Educational Management.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Profesional Guru
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-07-19
Cara Mengutip  :  
Sasmita, & Subhanadri. (2024). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 213 LUBUK BERINGIN. Jurnal Muara Olahraga, 6(2), 123–134. https://doi.org/10.52060/jmo.v6i2.2261
Terbitan  :