PELAKSANAAN SENAM PAGI DI SDN 153/VI RANTAU PANJANG X KECAMATAN TABIR
Abstrak
Abstrak
Pada penelitian ini terdapat masalah pelaksanaan senam pagi yang belum berjalan dengan baik dan lancar. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi siswa yaitu faktor motivasi intrinstik dan faktor motivasi ekstrinsik yang terjadi pada siswa. Hal ini mengakibatkan pelaksanaan senam tidak berjalan.
Jenis penelitian ini adalah descriptive. Populasi pada penelitian ini siswa SDN 153/VI Rantau Panjang X Kecamatan Tabir yang berjumlah 172 orang. Dengan sampel yang diambil menggunakan Teknik statisfied random sampling, sampel berjumlah 49 orang siswa. Dalam penelitian ini jenis data adalah data primer yaitu data yang berasal dari penyebaran angket, data yang dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan presentase.
Hasil penelitian ini adalah untuk variabel motivasi intrinsik siswa diperoleh tingkat capaian sebesar 80,70 %. Artinya pemahaman siswa terhadap pemilikan motivasi intrinsik dalam diri terhadap pelaksanaan senam pagi di SDN 153/VI Rantau Panjang X Kecamatan Tabir berada pada klasifikasi baik. Begitu juga untuk variabel motivasi ekstrinsik siswa diperoleh tingkat capaian sebesar 80,78 %. Artinya pemahaman siswa terhadap motivasi ektinsik yang mereka tauangakan terhadap pelaksanaan senam pagi berada pada klasifikasi baik juga. Disarankan pihak sekolah agar lebih tekun dan giat untuk memotivasi siswa agar pelaksanaan senam pagi dapat berjalan dengan baik seperti yang kita harapkan.
Kata Kunci : Pelaksanaan Senam Pagi
Referensi
Ali Maksum. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Abbas Tashakkori & Charles Teddlie.
(2010). Mixed Methodologi (Mengkombinasikan Pendekatan Kualitas dan Kuantitas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdikbud (1976). Senam Pagi Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Hafen, Baret, G dkk. (1998). Behavior Guidelines For Health and Wellnes. Colorado : morton Publishing Company.
Ichsan, M (1988). Pendidikan Kesehatan Olahraga. Jakarta : Departemen Pendididkan Dan Kebudayaan
Prayitno, Elida. (1983).Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bharata Karya.
Ridwan. (2003). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sardiman, A.M. (2007). Interaksi Dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,R&D.Bandung
:IKAPI
Sutarman (1975). Pengertian Kesegaran Jasmani Dan Tes Kardiorespirasi Concep Of Sains. ED. Sic. Swanto dan Mery W. Sic. Jakarta : KONI
Sudjana, Nana (1986). Metode Statistik. Bandung: Transito
UU. RI No. 20 (2003). Sistim
Pendidikan Nasional. Bandung : Cintra Umbara.
UNP (2009). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi UNP.Padang:
UNP
Winkell, WS. (1987).Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia
Zalfendi, dkk. (2010). Analisis Kurikulum dalam Pembelajaran Penjas orkes. Padang : Sukabina Press.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Senam Pagi, Siswa, Motivasi ekstrinsik Morning Exercise, Students, Extrinsic Motivation
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-07-17
|
Cara Mengutip | : |
Hamdan, M. (2024). PELAKSANAAN SENAM PAGI DI SDN 153/VI RANTAU PANJANG X KECAMATAN TABIR. Jurnal Muara Olahraga, 6(2), 113–122. https://doi.org/10.52060/jmo.v6i2.2260
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|