HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLAVOLI PADA SISWA DI SDN 28/VI SUMBER AGUNG I
Abstrak
AbstrakDalam penelitian ini masalah yang ditemukan oleh penulis melalui observasi yang dilakukan adalah masih rendahnya hasil belajar keterampilan dasar bolavoli. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi dengan hasil belajar keterampilan bolavoli pada siswa di SDN 28/VI Sumber Agung I.
Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 28/VI sebanyk 26 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 orang. Untuk pengambilan data motivasi diperoleh dari hasil penyebaran angket atau kuesioner kepada siswa. Sedangkan keterampilan dasar bolavoli diperoleh dari hasil tes keterampilan dasar bolavoli. Dan data yang dianalisis dengan korelasi product moment.
Data yang diperoleh dari hasil penelitian dengan menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar keterampilan bolavoli pada siswa di SDN 28/VI Sumber Agung I dengan diperoleh rhitung 0,483 > rtabel 0,320.
Kata Kunci : Motivasi,Hasil Belajar, Keterampilan Dasar Bolavoli
Referensi
Abduelah, Arma (1985). Pembuatan dan Pelaksanaan Alat Evaluasi Keterampilan Olahraga. Depdikbud. Jakarta.
Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bolavoli. Era Pustaka Utama. Jakarta.
Bachtiar. (1999). Pengetahuan Dasar- Dasar Permainan Bolavoli. Padang: FIK UNP.
Blome, Guntur. Terjemahan Syafruddin, (2004), Permainan Bolavoli: Padang : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang
Buku panduan penulisan tugas akhir/ skripsi universitas negeri padang (2007). Padang UNP.
Buku Pedoman Akademik. (2004). Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Padang.
Dinata. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rusda Karya.
Erianti. 2004. Buku Ajar Bolavoli. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Padang.
Kristin. (2009). Kontribusi Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Sekolah Dasar Negeri 31 Sungai Puar Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Skripsi. Padang FIK:UNP.
Nolker, Helmut dan Schoenfeld, Eberhang (1983). Pendidikan Kejuruan (pengajaran, kurikulum, perencanaan). Jakarta ; PT.Gramedia.
PBVSI. (2005). Peraturan Permainan Bolavoli. Jakarta: Gedung Voli Senayan.
Prayitno, Elida. (1989), Motivasi dalam Belajar. Jakarta : Dirjen Dikti, P2LP T K Depdikbud.
Riduwan, (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Jakrta: Alfabeta.
Sardiman, (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyobroto, Sudibyo. (2002). Psikologi Olahraga, Jakarta. Percetakan Universitas Negeri Padang
Soemanto, wasty (1990). Psikologi pendidikan. Jakarta ; Rinka Cipta
Soetomo, Wasty (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2002. Metode Penelitian
Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Syafruddin. (1999). Permainan Bolavoli. Jakarta. Rieneka Cipta.
Syarastani, dkk (1990). Psikologi olahraga. UNP ; Padang.
Witherington (1986). Teknik-teknik belajar dan mengajar. Bandung ; Jemmers.
Yunus. (1992). Olahraga Pilihan Bolavoli. Jakarta: P2TK, Dirjen Dikti Depdikbud.
Yusuf (1987). Motivasi belajar. Jakarta ; PT. Gramedia
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-07-16
|
Cara Mengutip | : |
Sugianto, E., & Ismi Mori Saputra, D. (2024). HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLAVOLI PADA SISWA DI SDN 28/VI SUMBER AGUNG I. Jurnal Muara Olahraga, 6(2), 92–101. https://doi.org/10.52060/jmo.v6i2.2259
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|