MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA MELALUI DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS II MI NO.39/E.3 JUJUN KABUPATEN KERINCI
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan alat peraga sederhana melalui diskusi kelompok pada kelas II MI No.39/e.3 Jujun Kabupaten Kerinci. Metode penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas II MI No.39/E/3 Jujun Kabupaten Kerinci berjumlah sebanyak 15 orang. Lokasi penelitian MI No.39/E.2 Jujun Kabupeten Kerinci. prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap reflesi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan alat peraga sederhana melalui proses diskusi kelompok yang diberikan kepada siswa kelas II MI No.39/E/3 Jujun Kabupaten Kerinci.
Kata kunci: : Keterampilan berbicara, metode diskusi
Referensi
Amalia sapriati, dkk. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan Speaking Siswa kelas IX Melalui Metode Holistik Memanfaatkan Alat Peraga CSC di SMP Negeri 3 Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya. Biology Educational, 10, 13–25.
Kusmintayu, N., Suwandi, S., & Anindyarini, A. (2012). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama * Norma Kusmintayu , Sarwiji Suwandi , Atikah Anindyarini PENDAHULUAN Berbicara secara umum dapat diartikan sebagai suatu penyampaian ide atau gaga. Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia Dan Pengajaran, 1(1), 206–218.
Maulida, L. A., Khoiriyah, E. L., Imtihanudin, D., Rihatuljannah, R., Kamali, A. S., Supriadi, I., & Munawar, B. (2021). Pendampingan Dukungan Psikologis Awal (Dpa) Pada Wali Murid PAUD Dalam Menghadapi Pembelajaran Online Di Desa Curugbarang. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2), 53. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.6450
Muyassaroh, I., Sunanto, L., & Kurnia, I. R. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas UPAYA peningkatan literasi sains mahasiswa melalui blended - collaborative problem based learning berbasis multiple representatives Abstrak Pendahuluan Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ibarat dua sisi mata uang . 8(3), 915–931.
Riana, D. R. (2018). Kesalahan Morfologis dalam Tulisan Imajinatif Pemelajar BIPA di Sacred Heart Girls College. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian ….
Sunarsih, S. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Model Kooperatif Teknik Mencari Pasangan dan Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Introver dan Ekstrover di SMP. Seloka, 1(1), 36–39.
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Tarigan, H.G (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa
Tarigan, H. G.(2013). Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wagu, E. Y., & Riko, R. (2020). Kemampuan Menggunakan Metode Debat Aktif Sebagai Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 30 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 69–76. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7828
Dony, Petrus Mau Tellu. (2023). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Peserta Didik Kelas IV di SD GMIT Puntaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 7, No. 4.
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-07-14
|
Cara Mengutip | : |
Juhendra, J. S., & Guswita, R. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA MELALUI DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS II MI NO.39/E.3 JUJUN KABUPATEN KERINCI. Jurnal Muara Olahraga, 6(2), 27–36. https://doi.org/10.52060/jmo.v6i2.2105
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|