PROGRAM SERTIFIKASI SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Kasus di SMK 2 dan SMA 3 Muhammadiyah Surakarta)

purmansyah purnamansyah ( STKIP AL AMIN DOMPU )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Ciri-ciri guru profesionalisme  dan bersertifikasi lulus uji kompetensi, 2) usaha yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan 3) peran kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari guru bersertifikasi, Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru bersertifikasi dan lulus uji kompetensi menguasai kompetensi profesional yang meliputi penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Guru menguasai kompetensi pedagogik yang meliputi penguasaan karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik, melakukan komunikasi dengan peserta didik dan melalukan penilaian atau evaluasi. 2) Adapun upaya untuk mengatasi hambatan ini adalah: a) dengan mengoptimalkan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran secara bervariasi serta memberikan penguatan atau apresiasi kepada siswa yang bertanya maupun yang telah menjawab pertanyaan, b) Adapun peran kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru adalah: Berusaha mencari solusi lain agar proses pembelajaran tetap berjalan lancar sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat sehingga tidak merugikan peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara fungsional sudah baik, tatapi secara teknis terletak pada rendahnya motivasi dan keaktifan dalam proses pembelajaran, disamping itu manajemen sarana prasarana pembelajaran belum maksimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Hadjar, Ibnu. 1996. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong,Lexi J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Mulyasa, 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara. Tecnologies

Polymers For Advance, (PAT). 13 679-680 (2001)

Samani, Muchlas. 2006. Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Jakarta: Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia SIC

Sanjaya Wina, 2005. Pembelajaran dalam Iplementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana

Suyanto dan Asep Djihad. 2012. Bagaimana Menjadi Calon Guru Dan Guru Profesional. Yogyakarta, Katalog dalam Terbitan KDT.

Suyatno. 2008. Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: Indeks

Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

User Usaman, Moh. 2005. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya


Keywords  :  
Kata Kunci: Sertifikasi, Kinerja Guru, Profesionalisme Guru Certification, Teacher Performance, Teacher Professionalism
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2018-12-20
Cara Mengutip  :  
purnamansyah, purmansyah. (2018). PROGRAM SERTIFIKASI SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Kasus di SMK 2 dan SMA 3 Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Muara Pendidikan, 3(2), 169–182. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/90
Terbitan  :