THE IMPLEMENTATION OF LEARNING CELL TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan teknik learning cell untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa dan untuk mengetahui tanggapan siswa dalam menggunakan Teknik learning cell. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas kelas VIIA SMPN 2 Tangerang. Peserta penelitian ini adalah 34 siswa. Mereka terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan kelas tujuh di SMPN 2 Tangerang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, observasi, wawancara dan questionaire. Wawancara dilakukan pada dua puluh siswa dari tiga puluh empat siswa pada siswa kelas VIIA SMPN 2 Tangerang. Data kolektif dan analisis menggunakan data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober sampai November 2017. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik learning cell efektif dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari temuan skor siswa dari siklus satu sampai siklus tiga. Data menunjukkan nilai siswa meningkat. Siswa yang lulus standar skor (KKM) pada siklus satu adalah 56.7%, siklus dua adalah 67.7% dan pada siklus ketiga adalah 96.8%.
Unduhan
Referensi
Aebersold, A. J., & Field, L. M. (1997). From reader to reading teacher: issues and strategies for second language classroom. Cambridge: Cambridge University Press
Burges, F.T. (2001). A general introsduction to the design of questionnaires for survey research. England: University of Leeds
Farrel, S. T. (2002). Planning lessons for a reading class. Singapore: SEAMO Regional Language center
Falchikov, Nancy. (2001). learning together: peer tutoring in higher education. Rout ledge Falmer: London. Available in: https://pendidikanmatematikausn.files.wordpress.com/2015/11/nancy_falchikov_ learning_ together_peer_tutoringbookfi-org.pdf
Hartini, S. (2012). The use of learning Cell technique to improve students’reding comprehension. Retrieve in May 2017. Available on: https://Vol-1-5-2016-the-effectof-authentic-material-to-improve-students’-reading-marginingsih-1.pdf
McNiff, J. (2002). Action Research (Principle and Practice). London: Routledge
McNiff, J. (1992). Action Research: Principle and Practice. London: MacMillan Education Ltd
Marginingsih. (2016). the effect of authentic material to improve students’ reading comprehension based on learning cell method. Retrieve in May 2017. Available on; http://www.poltekindonusa.ac.id/wpcontent/uploads/2016/05/Vol-1-5-2016-the-effectof-authentic-material-to-improve students%e2%80%99-reading-Marginingsih-1.pdf
Rakhmawati, D. (2015). Learning cell technique toward reading Comprehension of narrative text, 1(2), 42-59
Savage, L. (2016). Teaching Strategies: Peer and Collaborative Learning. Retrieve in May 2017, available on: https://blog.cengage.com/teaching-strategies-peer-collaborative-learning/
Yu, S., & Yang, X., & Cheng, G. (2013). From learning object to learning cell: a resource organization model for ubiquitous learning. Retrieve in august, available on: http://www.ifets.info/journals/18_2/16.pdf
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pemahaman Membaca, Learning Cell Teknik Reading comprehension, learning cell technique
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2018-12-14
|
Cara Mengutip | : |
KARTINI, K. (2018). THE IMPLEMENTATION OF LEARNING CELL TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION. Jurnal Muara Pendidikan, 3(2), 137–147. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/88
|
Terbitan | : |