KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MAROS KABUPATEN MAROS

ELVI RAHMI ( Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan menulis teks negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Maros. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Maros berjumlah 361 siswa yang tersebar ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X IPA 4 dengan jumlah siswa 35 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunkan teknik simple random sampling. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu instrumen yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan tes unjuk kerja menulis teks negosiasi. Tes tersebut digunakan pada tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistika inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Maros hal tersebut dibuktikan dengan nilai tes yang diajar  dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 78,9. Hasil statistik inferensial perhitungan uji signifikansi uji t nilai thitung > ttabel, yaitu 4,268 > 1,690. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yang berarti model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi yang dilaksanakan di kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Maros. Berdasarkan penyajian hasil analisis data dan pembahasan tersebut, dapat disimpulkan tentang adanya keefektifan model pembelajan berbasis masalah (problem based learning) terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa Kelas  IPA4 SMA Negeri 3 Maros Kabupaten Maros. Berdasarkan  simpulan tersebut dapat dikemukakan beberapa saran sehubungan dengan hasil penelitian ini. Bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya Kelas X IPA4 SMA Negeri 3 Maros berusaha memperkaya model pembelajaran menulis teks negosiasi dan selalu memberikan pelatihan kepada siswa dalam menulis teks dan bagi siswa hendaknya membiasakan diri menulis teks negosiasi guna mempermudah dan memvariasikan hasil karyanya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asdar. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Melalui Tekhnik ThInk Pass Share peserta didik Kelas X1.Sos SMA Negeri 1 Bantaeng. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Deporter, Bobby dan Hernacki. 2007. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. KAIFA. New York.
Hasniah, Sitti. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik Kelas X MIA2 SMA Negeri 7 Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Keraf, Gorys. 2014. Komposisi. Flores: Ende Nusa Indah.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Uno, Hamzah & Nurdin Mohammad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Keywords  :  
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, teks negosiasi, efektif problem based learning model, negotiation text, effectiveness
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2018-12-12
Cara Mengutip  :  
RAHMI, E. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MAROS KABUPATEN MAROS. Jurnal Muara Pendidikan, 3(2), 92–102. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/76
Terbitan  :