PENGARUH MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUATAN RPP K13

Sundahry Sundahry ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh antara mata kuliah perencaan pembelajaran terhadap kemampuan pembuatan RPP mahasiswa/i S1 PGSD STKIP-MB tahun akademik 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis korelasional yang pendekatannya bersifat kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah perencaan pembelajaran. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh maksudnya semua anggota populasi yang berjumlah 33 digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara mata kuliah perencaan pembelajaran terhadap kemampuan pembuatan RPP, yang dihasilkan dari nilai indeks korelasi yang telah didapatkan r adalah 0,653 (sedang atau cukup). Dari hasil pengujian hipotesis nilai thitung (0,463) > ttabel (0,163), dan karena nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh antara mata kuliah perencanaan pembelajaran terhadap kemampuan pembuatan RPP

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hasan, Said Hamid. (2019). Arah Dan Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Suatu Tinjauan Historis. Bandung : Darpatemen Pendidikan Sejarah.

Huda, Choirul dan Yudiono Udik. (2012). Analisis Kinerja Mahasiswa PLP. Dosen Pendidikan Fisika dan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Kanjuruhan Malang.

Kunandar. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20

Margono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. 5, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, cet.13, Bandung: Alfabeta.

Wahyudin, Nur Nasution. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. ITTIHAD, Vol. I, No.2, Juli – Desember 2017 • p-ISSN: 2549-9238• e-ISSN: 2580-5541. Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan.


Keywords  :  
Kata Kunci: Eksperimen, Perencanaan pembelajaran, RPP K13 experiments, lesson planning, RPP K13
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-12-01
Cara Mengutip  :  
Sundahry, S. (2021). PENGARUH MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUATAN RPP K13. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 111–117. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.538
Terbitan  :