MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH TATA RIAS PENGANTIN BALI
Abstrak
Penggunaan video tutorial menjadi media pembelajaran yang sesuai untuk mendukung kegiatan praktik dalam pembelajaran. Penelitian ini melakukan pengembangan video tutorial tata rias pengantin agung khas Buleleng sebagai media pembelajaran mata kuliah tata rias pengantin Bali. Penelitian ini dirancang dalam penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan 4 dosen pengajar mata kuliah tata rias pengantin Bali, 12 mahasiswa yang mengambil mata kuliha tata rias pengantin Bali, dan 4 orang ahli. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen, yakni panduan wawancara, kuesioner, dan lembar checklist. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: : (1) Mahasiswa yang mengikuti proses belajar tata rias pengantin Bali membutuhkan media pembelajaran dalam bentuk audio-visual yang bersifat autentik dan menyajikan langkah tata rias wajah, tata rias rambut, dan tata busana pengantin Bali dengan Payas Agung Khas Buleleng; (2) Pengembangan video tutorial tata rias pengantin Bali Payas Agung Khas Buleleng dilakukan dengan mengadaptasi model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation; (3) Evaluasi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang baik dan mendapatkan respon positif dari mahasiswa.
Unduhan
Referensi
Abdurrahim. (2021). Model Pembelajaran Langsung Berbasis Media Power Point Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.53717/edumat.v12i1.269
Adisasongko, N. (2019). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKR SMK. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2019, 829–834.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Jurnal Al Ibtida, 5(2), 74–84.https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438
Jayanthi, K. D. D., & Kusstianti, N. (2020). Kajian budaya dan bentuk tata rias pengantin Bali agung khas gaya buleleng. E-Journal, 09(2), 21–28.
Kelvin, K., & Tjahyadi, S. (2022). Perancangan Video Tutorial Gerakan 3D Teknik Taekwondo. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(1), 115–127. https://doi.org/10.47927/jikb.v13i1.281
Krisnantari, N. W. E., Puspawati, G. A. M., & Pancawati, L. P. (2022). Kemampuan merias pengantin madya gaya Badung dalam pembelajaran tata rias siswa XII tari 1 di SMK negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022. BATARIPURA: Jurnal Pendidikan Seni, 2(1), 127–135. https://doi.org/10.5281/zenodo
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193.https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154
Parida, L., Sahono, B., & Sapri, J. (2018). Pengaruh Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 12–21.
Puspawati, G. A. M. (2020). Kemampuan rias pengantin Bali payas madya gaya Badung kelas XII B tata kecantikan SMK negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Widyadari, 21(1), 108–117. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742519
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rustandi, A., Asyril, & Hikma, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X sekolah menengah kejuruan teknologi informasi airlangga tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Binawakya, 15(2), 4085–4092.
Sabrina, I. H., & Russanti, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Shibori Berbasis Video Tutorial Melalui Youtube. E-Journal, 11(01), 14–19.https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.45050
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444.
Tjana, K. A. M. S. S., Sudirtha, I. G., & Mayuni, P. A. (2024). Tata rias pengantin Bali madya Karangasem. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 15(01), 60–69.
Utami, C. I. S. P. D., Angendari, M. D., & Widiartini, N. K. (2021). Perkembangan Tata Rias Pengantin Bali Madya Gaya Badung. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 12(2), 60–69. https://doi.org/10.23887/jppkk.v11i3.32289
Wulandari, N. A., Wilujeng, B. Y., Dwiyanti, S., & Puspitorini, A. (2022). Pengembangan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Kompetensi Rias Wajah Korektif. Jurnal Tata Rias, 11(1), 23–33.https://doi.org/10.21009/11.1.4.2009
Yani, M. Y., Widiartini, N. K., & Sudirtha, I. G. (2021). Tata Rias Pengantin Bali Madya Khas Kabupaten Jembrana. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 12(1), 32–42. https://doi.org/10.23887/jppkk.v12i1.32286
Yunika, E., Iriani, T., & Saleh, R. (2020). Pengembangan Media Video Tutorial Berbasis AnimasiMenggunakan 4D Untuk Mata Kuliah Praktik Batu Beton. SNITT- Politeknik Negeri Balikpapan, 299–306.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Media Pembelajaran; , Tata Rias Bali;, Video Tutorial; Learning Media;, Balinese Makeup;, Video Tutorial
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-06-05
|
Cara Mengutip | : |
Ida Ayu Reviena Damasanti, & Widiartini, N. K. (2025). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH TATA RIAS PENGANTIN BALI. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 114–123. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2722
|
Terbitan | : |