APLIKASI TARTEEL SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN

Moch. Ilyas Hamdani ( Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia )
Moch. Bahak Udin ByArifin ( Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya siswa SMK yang kesulitan membaca Al-qur’ankarena terbatasnya pemahaman pengucapan Al-qur’an yang benar. Permasalahan ini muncul karena metode pengajaran yang digunakan kurang dapat diterima oleh siswa. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengucapan Al-qur’an pada siswa kelas 10 SMK Telkom Sidoarjo melalui penerapan metode Tarteel. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan menggunakan pretest dan posttest, dengan melibatkan 33 siswa sebagai partisipan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan posttest, dengan skor posttest tertinggi mencapai 90. Berdasarkan analisis statistik diperoleh nilai thitung (-8,144) > ttabel (1,69839), yang menunjukkan bahwa penerapan Tarteel mempunyai dampak positif terhadap keterampilan membaca Al-qur’an. Temuan ini merekomendasikan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan agama untuk meningkatkan kualitas pengajaran Al-qur’andan memberikan wawasan tentang potensi teknologi dalam mengatasi tantangan pendidikan Islam di Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, N. (2017). Problematika pendidikan di Indonesia (Telaah dari aspek pembelajaran). Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/148

Ahmad, J. (2020). Tarteel, Aplikasi AI untuk Membaca, Menghafal dan Mencari Ayat Al-Quran. https://ahmadbinhanbal.com/tarteel-aplikasi-ai-untuk-membaca-menghafal-dan-mencari-ayat-al-quran/

Alimuddin, A. M., & Yuzrizal. (2020). Perencanaan Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Era Society 5.0: Strategi dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 113–122. http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/prosiding/nilaisejagat/10-MAAD-AHMAD.pdf

Amalia, S. R., & Arifin, M. B. U. B. (2023). Pemanfaatan Alat Peraga Geoboard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V. Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 181–201.

Arifin, M. B. U. B., Nurdyansyah, N., Rindaningsih, I., & Kalimah, S. (2021). Development of Smart Play Wheel Learning Media to Improve Student Learning Outcomes in Islamic Elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012049

Asry, L. W. (2020). Hubungan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Biram Samtani Sains, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.55542/jbss.v4i1.82

Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037. https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.122

Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Desi, P. (2022). Strategi Guru Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Sesuai Hukum Tajwid Siswa Kelas VI MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Dewi, R., Ahmad, A., & Zulfikar, Z. (2020). Problematics of the Qur ’ an Learning in the Industry Era. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 72–92. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i1.8624

Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Issue February).

Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493

Istiqomah, A., Asri, D. N., & Dewi, N. K. (2023). Analisis Perilaku Mental Block Siswa Di SMKN 2 Kota Madiun. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2(1), 173–178.

Khosiah, N., Zainab, S., & Andriani, S. (2024). Degradation of Reading Interest Due to The Influence of Gadgets on Elementary School Students Degradasi Minat Baca Akibat Pengaruh Gadget. 8(2), 43–50. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v8i2.1625

Kurnia, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Bayt al-Hikmah Pasuruan. Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami, 11(1), 07–23. https://doi.org/10.55757/tarbawi.v11i1.312

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mahkfudz, Nurpriatna, A., & Palah. (2021). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur`an. Rayah Al-Islam, 5(02), 779–791. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.714

Maryamah, WiraSapitri, ShabiraPancaPutri, Fatimatuzzahra, M. (2023). Islam Dan Kebudayaan Melayu Pada Era Globalisasi Di Brunei Darussalam Hypothesis : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences Volume 01 Nomor 02 Juni 2023 Islam Dan Kebudayaan Melayu Pada Era Globalisasi Di Brunei Darussalam Maryamah Islam Di Brunei Dar. 01, 185–194.https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i02.793

Mulia, A., & Kosasih, A. (2021). Strategi Guru PAI Dalam Menghadapi Kesulitan Membaca Alquran Peserta Didik Kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam. An-Nuha, 1(3), 271–280. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.80

Musdalifah, M., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Analisis Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Di Tingkat Sd. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537

Nurhuda, H., Tinggi, S., & Islam, A. (n.d.). Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems ; Factors and Solutions. 127–137.

Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., & Surmilasari, N. (2022). Elementary School Education Innovation in the Implementation. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(April), 82–88.

Rasam, F., Sari, A. I. C., & Karlina, E. (2019). Peran Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 6(1), 41. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4371

Septiara, A., Santoso, N., & Kharisma, A. P. (2019). Pengembangan Aplikasi Al-Quran Untuk Membantu Hafalan Al-Quran Secara Mandiri Menggunakan Metode Tikrar. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2807–2813. http://j-ptiik.ub.ac.id

Sudiarjo, A., Mariana, A. R., & Nurhidayat, W. (2015). Aplikasi Pembelajaran Ilmi Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 5(2), 54–60.

Syaeful Millah, A., Arobiah, D., Selvia Febriani, E., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Zahrani, J. I., & Muthahari, A. (2024). Metode Sorogan Berbasis Teknologi Kecerdasan Buatan: Analisis Aplikasi Tarteel Artificial Intelligence-Based Sorogan Method: Analysis Of The Tarteel Application. Nusantara Hasana Journal, 3(11),


Keywords  :  
Kata Kunci: Tarteel Application, Learning Media, Membaca Al-qur’an Tarteel Application;, Learning Media;, Reading the Qur’an
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-03
Cara Mengutip  :  
Hamdani, M. I., & Udin ByArifin, M. B. (2025). APLIKASI TARTEEL SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 22–29. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2600
Terbitan  :