EDUKASI ANAK ATASI BENCANA ALAM MELALUI PENGEMBANGAN MEMO SINCAN (MEDIA MONOPOLY ATASI BENCANA ALAM)
Abstrak
Bencana alam merupakan peristiwa alam yang mungkin bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa dapat diprediksi sebelumnya. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi sejak dini kepada anak-anak untuk mempersiapkan diri saat bencana alam datang. Salah satu cara untuk mengedukasi anak atasi bencana alam melalui pengembangan media MEMO SINCAN. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa permainan MEMO SINCAN. Metode yang dilakukan dengan mengembangkan media permainan MEMO SINCAN menggunakan desain ADDIE. Tahapan dari desain ADDIE yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket dan lembar tes. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media permainan MEMO SINCAN pemahaman anak-anak tentang bencana alam meningkat sebesar 76,67%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media permainan MEMO SINCAN sangat efektif ditinjau dari hasil belajar.
Unduhan
Referensi
Akbar, Z., & Ayu Wulandari, B. (n.d.). (2022). Penerapan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik. In Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas (Vol. 7, Issue 2).https://doi.org/10.22437/jptd.v7i2.17680
Andika Dwi. (2024). Sederet Bencana Alam yang Melanda Indonesia di Awal 2024, dari Gempa hingga Banjir.
Arsitektur, S., & Kebijakan, P. (2013). Banjir: Fakta dan Dampaknya, Serta Pengaruh dari Perubahan Guna Lahan Arief Rosyidie. In Fakta dan Dampaknya, Serta Penngaruh dari Perubahan Guna Lahan Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota (Vol. 24, Issue 3).https://doi.org/10.5614/jpwk.2013.24.3.1
Choirunnisa, M., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Polysoc (MONOPOLY SOCIAL) Untuk Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Research and Development Journal of Education, 9(2), 788. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19232
Defa, D., Putrayasa, I. B., & Sudana, I. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Monopoly untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1190–1197. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1190-1197
Desyawati, K., Goreti, M., Kristiantari, R., Agung, G., & Negara, O. (2021). Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 168–174. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Islamiyah, T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.18860/jpips.v4i1.7301
Kurniawati, L., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2021). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPS SD. In All rights reserved (Vol. 8, Issue 4). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41752
Made, N., Widiyanti, D., & Wiarta, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Games Smart Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 21–25.https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32806
Muhammad Khamdan Yuwafi. (2023). Angin Kencang: Penyebab, Dampak, dan Cara Menghadapinya.
Naryanto, H. S., Soewandita, H., Ganesha, D., Prawiradisastra, F., & Kristijono, A. (2019). Analisis Penyebab Kejadian dan Evaluasi Bencana Tanah Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur Tanggal 1 April 2017. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(2), 272. https://doi.org/10.14710/jil.17.2.272-282
Ngilmiah, H., Muslim, A. H., & Irawan, D. (2022). Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4 Semarang.
Nikita Rosa. (n.d.). (2022). Gempa Bumi: Pengertian, Sebab, Jenis, dan Dampaknya.
Ninawati, M., & Noviani, A. (n.d.). (2021). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas Tinggi. Journal of Islamic Primary Education, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.10156
Pendidikan Dasar Flobamorata, J., May Sela, H., Oktavia, M., Ayurachmawati, P., & Artikel, R. (2023). ) 2023, hal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 507-519.https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1026
Prawijaya, S. (n.d.). (2023). Pengaruh Media Monopoli Berbasis Aplikasi Genially Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Tema 6 Subtema 1.
Revi Melianita, Andius Dasa Putra, & Aminudin Syah. (2021). Analisis Potensi Kerentanan dan Risiko Bencana di Wilayah Kabupaten Tanggamus. JRSDD , 9(3), :437-448.
Septikasari, Z., Retnowati, H., & Wilujeng, I. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(1), 120. https://doi.org/10.22146/jkn.74412
Keywords | : |
Kata Kunci:
Edukasi Anak, Bencana Alam; Permainan Monopoly;MEMO SINCAN; Edukasi Anak, Bencana Alam; Permainan Monopoly; MEMO SINCAN
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-06
|
Cara Mengutip | : |
Wijayanti, R., Sholeh, Y., & Hariyani, Y. (2024). EDUKASI ANAK ATASI BENCANA ALAM MELALUI PENGEMBANGAN MEMO SINCAN (MEDIA MONOPOLY ATASI BENCANA ALAM). Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 402–408. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2427
|
Terbitan | : |