PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Atika Putri Ema Amalia ( Universitas Negeri Semarang, Indonesia )
Nursiwi Nugraheni ( Universitas Negeri Semarang, Indonesia )

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting untuk dimiliki oleh siswa, maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan tersebut melalui penelitian pengembangan komik matematika berbasis PBL pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) yang mengikuti model Borg and Gall. Penelitian dilakukan di SDN 1 Soborejo dan SDN 3 Tuksongo yang berada dalam satu gugus dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV. Proyek pengembangan media pembelajaran komik ini divalidasi oleh tiga validator yang ahli dalam bidang media, materi, dan bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, wawancara, soal evaluasi dan dokumentasi. Media ini dianggap layak diterapkan sebagai media pembelajaran karena telah melewati uji validasi oleh validator ahli dengan total skor 81% dengan kategori layak, sementara untuk respons guru mencapai 93% dan respons siswa mencapai 90% dengan kualifikasi sangat baik. Media komik matematika berbasis PBL ini dianggap berpengaruh berdasarkan hasil pretest dan posttest pada uji kelas besar yang diuji menggunakan Paired sample T-test. Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai signifikansi posttest 0.000 < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media tersebut untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aeni, S., Sutrisno, S., & Mushafanah, Q. (2019). Pengembangan Media KOPER (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 159. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18158

Ali, M. (1992). Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Penerbit Sinar Baru.

Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. 3.

Aqib, Z. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Penerbit Yrama Widya.

Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arini, F. D., & Choiri, A. S. (2017). The Use Of Comic As A Learning Aid to Improve Learning Interest of Slow Learner Student. 2(1).

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning (PLB). 1(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Darmayanti, R., Sugianto, R., Baiduri, Choirudin, & Wawan. (2022). Digital comic learning media based on character values on students’ critical thinking in solving mathematical. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1). https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i1.11680

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Penerbit Gava Media.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Fatimah, F., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi dan Pendengaran Untuk Siswa SMP. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3114

Gumelar, M. S. (2010). Comic Making. An1mage.

Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kintu, M. J., Zhu, C., & Kagambe, E. (2017). Blended learning effectiveness: The relationship between student characteristics, design features and outcomes. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1), 7. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0043-4

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Penerbit Bintang Surabaya.

Lestari, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Di SMP Negeri 1 Semende Darat Tengah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Lubis, R. N., & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. 7. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03

Marlina, L., Yumiati, Y., & Novianti, I. (2023). Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3093–3108. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2157

Musyarofah, N., Arifin, F., & Firdaus, F. M. (2019). Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(2), 219. https://doi.org/10.32934/jmie.v3i2.135

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The Development Of Gravity Comic Learning Media Based On Gorontalo Culture. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344

Reswari, W. A., Jaya, W. S., & Pratama, E. Y. (t.t.). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTs.

Rohman, A. N., & Mulyadiprana, A. (2017). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar tentang Materi Unsur dan Sifat Bangun Datar Sederhana. 4(2).

Sudjana, N., & Rivai, A. (2015). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Penerbit Sinar Baru.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, II.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran :Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. CV Wacana Prima.

Triana, M., & Zubainur, C. M. (2019). Students’ Mathematical Communication Ability through the Brain-Based Learning Approach using Autograph. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.6972

Yusra. (2017). Pengaruh Media Komik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Pada Siswa SMPN 4 Banda Aceh.


Keywords  :  
Kata Kunci: Komik; PBL; Kemampuan Komunikasi Matematis; Comics; PBL; Mathematical Communication Skills
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Putri Ema Amalia, A., & Nugraheni, N. (2024). PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 308–315. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2384
Terbitan  :