PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Raimon Effendi ( Universitas Dharmas Indonesia )
Estuhono Estuhono ( Universitas Dharmas Indonesia )
Julia Rizki Handayani ( Universitas Dharmas Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran untuk membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar ataupun pada saat melakukan evaluasi pembelajaran pada muatan pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar 03 Tiumang. Peneliti menggunakan media belajar E-Modul (Berbantuan Aplikasi Book Creator). Penelitian pada penulisan ini mengambil jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), ADDIE memiliki langkah-langkah diantaranya yaitu Analysis Design, Development, Implementation dan Evaluation. Jenis data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pengembangan media pembelajaran E-Modul Materi Wujud Zat dan Perubahannya pada Pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar 03 Tiumang (Berbantuan Aplikasi Book Creator) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dapat diuji cobakan di kelas IV Sekolah Dasar 03 Tiumang. 2) Validasi media pembelajaran E-Modul Materi Wujud Zat dan Perubahannya pada Pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar 03 Tiumang (Berbantuan Aplikasi Book Creator) di nilai oleh lima validator. Validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Modul memperoleh persentase 87,25% dengan kategori sangat valid. 3) Praktikalitas yang dinilai oleh wali kelas IV dan peserta didik terhadap media pembelajaran E-Modul memperoleh persentase 88 ,9% dengan kategori sangat praktis. 4) Efektifitas dinilai dari hasil siswa. Hasil belajar siswa memperoleh persentase 95,6% dengan kategori sangat efektif. Jadi dengan menggunakan media  E-Modul meningkatkan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alpiani, N., Pamungkas, A. S., & Jaenudin, J. (2022). Pengembangan E-modul Matematika pada Materi Barisan dan Deret Berbantuan Smart App Creator untuk Siswa SMA/SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2110–2121. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1452

Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348

Efendi, R., & Yulastri, A. (2019). Effectiveness of Collaborative Problem Based Learning Model of Learning Computer Network Courses. 299(Ictvet 2018), 309–312. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.70

Estuhono, E., Aditya, A., & Asmara, D. N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Research Based Learning Menggunakan Pageflip Application Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 159–168. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.483

Fadhilah, H., Burhan, M. A., & Estuhono, E. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Four Cs Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 81–86. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2179

Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas Iv Sd Ump. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608

Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Tema 6 Subtema 2 Materi Siklus Hidup Hewan Berbasis Problem Based Learning Berbantu Flipbook Maker di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 377–382. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13298

Ningsih, S. Y., Estuhono, E., & ... (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Research Based Learning Berbantukan 3D Page Flip Pro Pada Pelajaran IPAS. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 168–178. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1235

Retno Palupi, D. A., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi BookCreator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 78–90. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123

Salita, R. D., Estuhono, E., & Mahmudi, M. R. (2021). Pengembangan Model IPA Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Four Cs Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Sekolah Dasar 210 Tanjung Dani. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 232. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1201

Siti Rodi’ah, I. H. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23–35. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225


Keywords  :  
Kata Kunci: IPAS; Media; E-Modul IPAS; Media; E-Module
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-21
Cara Mengutip  :  
Effendi, R., Estuhono, E., & Rizki Handayani, J. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 468–474. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2279
Terbitan  :