PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS RESEARCH BASED LEARNING BERBANTUKAN 3D PAGE FLIP PRO PADA PELAJARAN IPAS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sri Yunimar Ningsih ( )
Estuhono Estuhono ( )
Jamila Turrohmah ( )

Abstrak

ABSTRAK

Jamila Turrohmah, 2023. Pengembangan E-modul Berbasis Research Based Learning Berbantukan 3D Page Fip Pro Pada Pelajaran IPAS untuk Mendukung Merdeka Belajar Kelas IV Sekolah Dasar. Dharmasraya : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Dharmas Indonesia.

Penelitian ini didasarkan rendahnya semangat belajar peserta didik dikarenakan kurangnya bahan ajar yang digunakan di sekolah. Bahan ajar yang telah dikembangkan adalah e-modul berbasis model pembelajaran research based learning yang berbantukan aplikasi 3D Page Flip Pro pada pelajaran IPAS kelas IV SD.

Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Tahap analisis yaitu meliputi analisis kebutuhan. Tahap desain yaitu perancangan e-modul, dan lembar validitas. Tahap pengembangan yaitu pengembangan produk ke validator. Tahap penerapan yaitu uji coba produk. Tahap evaluasi yaitu memperbaiki semua saran dari validator dan praktisi untuk kelayakan produk.

Hasil penelitian validasi e-modul yang dilakukan oleh 3 orang ahli    yaitu memperoleh nilai rata-rata 92% dengan kategori “sangat valid”. Hasil nilai kepraktisan yang diperoleh dari pendidik dan peserta didik mempunyai nilai rata-rata 91,2% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil nilai efektivitas berupa soal yang diisi oleh peserta didik memperoleh nilai 91,70% dengan kategori “sangat efektif”. Penelitian ini menghasilkan e-modul dengan kriteria sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.

 

Kata kunci : IPAS, Research based learning, 3D Page Flip Pro

Referensi

Estuhono. (2020). Efektifitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Model Problem Based Instruction Terintegrasi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 202. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.202-209

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Monica, R., & Ricky, Z. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning pada Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. 3(6), 4470–4482.

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Nurhasanah, N., Subhan, M., & Estuhono, E. (2021). Pengembangan Modul IPA SD Berbasis Model Research Based Learning (RBL) untuk Keterampilan 4C’s Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4614–4627. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1530








Rumahorbo, R. H., & Prananda, G. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education Pengembangan Modul IPA Berbasis Research Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan 4c Pada Tema Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya. 1, 1–6.

Keywords  :  
Kata Kunci: Kata kunci : IPAS, Research based learning, 3D Page Flip Pro Keywords : Natural Science and Social Science, Research Based Learning, 3D Page Flip Pro.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
Ningsih, S. Y., Estuhono, E., & Turrohmah, J. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS RESEARCH BASED LEARNING BERBANTUKAN 3D PAGE FLIP PRO PADA PELAJARAN IPAS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 168–178. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1235
Terbitan  :