DIGITALISASI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS VIl MTs

Nur Wahyu Rizqiya ( Universitas Insan Budi Utomo Malang )
Puspita Pebri Setiani ( Universitas Insan Budi Utomo Malang, Indonesia )

Abstrak

Literasi digital diperlukan oleh siswa maupun guru di sekolah agar guru muapun siswa dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat. Penggunaan sumber belajar digital dengan media yang tepat akan dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif serta menumbuhkan semangat bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan sumber belajar digital dalm meningkatkan literasi digital siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain pendekatan analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah guru telah berhasil meningkatkan literasi digital pada siswa kelas VII MTs Mafatihul Huda melalui sumber belajar digital yang berupa media video pembelajaran, serta dengan sumber belajar digital guru telah berhasil menemukan solusi mengenai permasalahan siswa mengenai sumber belajar yang dapat menggugah semangat belajar siswa. Peningkatan literasi digital pada siswa kelas VII dapat menjawab pertanyaan dari problematika yang ada di kalangan masyarakat yang banyak terjadi saat ini, guru dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengan penggunaan sumber belajar digital tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Camilleri, M.A., Camilleri, A.C. Digital Learning Resources and Ubiquitous Technologies in Education. Tech Know Learn 22, 65–82 (2017). https://doi.org/10.1007/s10758-016-9287-7

Cholily, Y. M., Hasanah, S. N., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2021). Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (Sgf). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1736. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3898

Darma Wisada, P., Komang Sudarma, I., & Wayan Ilia Yuda S, I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nurkholis, N. (2016). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Printina, B. I. (2017). Penggunaan Sumber Belajar Digital Exelsa Moodle dan Komik Toondo Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(2), 57. https://doi.org/10.25273/ajsp.v7i2.1489

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Setiani, P. P. (2018). Media Pembelajaran WARTOP (Wayang Karakter Tokoh Pahlawan) Untuk Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.9749

Setiani, P. P., & Badar, A. (2022). Problematika Mahasiswa Pendidikan Sejarah dan Sosiologi dalam Pelaksanaan Hybrid Learning Pasca Pandemi COVID-19. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 28(2), 69–74. https://doi.org/10.33503/paradigma.v28i2.2072


Keywords  :  
Kata Kunci: Media Belajar, Literasi Digital, Pembelajaran Learning Media, Digital Literacy, Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-10
Cara Mengutip  :  
Rizqiya, N. W., & Pebri Setiani, P. (2024). DIGITALISASI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS VIl MTs. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 49–54. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1942
Terbitan  :