KURIKULUM MERDEKA DAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR: NEED ANSALISIS STUDY

Diana Oktavia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Nur Habibah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Levandra Balti ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ridho Kurniawan ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Kurikulum merdeka sudah mulai diterapkan di satuan pendidikan, termasuk satuan pendidikan Sekolah Dasar. Salah satu hal penting yang digaris bawahi pada penerapan kurikulum merdeka di SD yaitu pengajaran Bahasa Inggris di SD. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kebutuhan sekolah dalam penerapan pegajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar yang mengacu pada kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dengan cara interview dan penyebaran angket open-ended question. Guna mencapai tujuan, penelitian ini melibatkan delapan orang sebagai narasumber data. Para narasumber terdiri dari kepala sekolah dan beberapa orang guru dari beberapa sekolah. Berdasarkan hasil dari interview dan angket open-ended question yang telah dijawab oleh para narasumber, diketahui bahwa sekolah sangat antusias dan memliki motivasi yang sangat tinggi terhadap penerapan pengajaran Bahasa Inggris di SD. Akan tetapi, sekolah membutuhkan beberapa hal penting supaya dapat melaksanakan pengajaran Bahasa Inggris dengan efektif, seperti kebutuhan akan guru Bahasa Inggris di SD, kebutuhan pelatihan Bahasa Inggris bagi guru-guru SD, serta pemenuhan fasilitas yang dapat mendukung kegiatan pengajaran, terutama media ajar dan media pembelajaran Bahasa Inggris.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dikjendikti. (2020). Buku panduan merdeka belajar kampus merdeka. Jakarta: DikjenDikti Kemendikbud RI.

Ersöz, A. (2007). Teaching English to young learners. Ankara: EDM Publishing.

Hammer. (2001). The Practice of English language teaching. England: Pearson Education Limited.

Harmer, J. (2007). The Practice of English language teaching (4th Ed.). Essex: Pearson Longman.

Faruqi, U. A. (2019). Survey Paper: Future Service in Industry 5.0. 13.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a new human-centered society. Japan Spotlight, 27(5), 47-50.

Johnson & Cristensen. (2008). Educational Research Qualitative, Quantitative and Mixed Approach. California: Sage Publications, Inc.

Kemendikbud. (2023). Kurikulum Merdeka. retrieved from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka (June, 2023).

Linse, C.T., & Nunan, D. (2005). Practical English language teaching: Young learners. New York: McGraw-Hill ESL/ELT.

Merdeka Mengajar. (2023). Kebijakan Pemerintah terkait Kurikulum Merdeka. MM. 202 3[Cited in 29 Maret 2023]. Available from https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824815789465-Kebijakan-Pemerintah-Terkait-Kurikulum-Merdeka.

Mukminin, A. (2012). From east to west: A phenomenological study of Indonesian graduate students' experiences on the acculturation process at an American public research university [Unpublished Doctoral dissertation]. The Florida State University.

Nunan, D. (2005). Practical English language teaching: Young learners. America: MCGraw-Hill.

Oktavia, D et al. (2022). Challenges and Strategies Used by English Teachers in Teaching English Language Skills to Young Learners. Theory and Practice in Language Studies. 12( 2) 382-7 https://doi.org/10.17507/tpls.1202.22

Oktavia, D., & Lestari, R. (2022). Students’ Perception on Learning Speaking English by Using English Domino Games: The Case of a Private University. Indonesian Research Journal on Education, 6(1), 28-42. https://doi.org/10.22437/irje.v6i1.15327.

Philp, J., Oliver, R., & Mackey, A. (2008). Second language acquisition and the younger learner: Child's play? Amsterdam: John Benjamins Publishing Company.

Pinters, A. (2006). Teaching young language learners. Oxford, UK: Oxford University Press.

SK Mendikbudristek No2 (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran [Internet]. Kemendikbud. [Cited in 12 April 2023] available from https://jdih.kemdikbud.go.id/.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kurikulum merdeka;, Bahasa Inggris, peserta didik anak-anak Merdeka Curriculum, English Language, Young learners
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-30
Cara Mengutip  :  
Oktavia, D., Habibah, N., Balti, L., & Kurniawan, R. (2023). KURIKULUM MERDEKA DAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR: NEED ANSALISIS STUDY. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 257–265. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1260
Terbitan  :