PENGEMBANGAN MEDIA SEX KIDS EDUCATION (SKIDU) BERBASIS BOARD GAME UNTUK ANAK USIA DINI

Dewi Rahayu ( Universitas Jambi )
Indryani Indryani ( Universitas Jambi )
Bunga Ayu Wulandari ( Universitas Jambi )

Abstrak

Kekerasan seksual pada anak usia dini beberapa tahun belakangan ini semakin marak terjadi sehingga membuat miris bagi orang tua, pendidik, maupun praktisi pendidikan, karena hal tersebut pasti akan berdampak bagi masa depan anak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk pembelajaran berupa media Sex Kids Education (SKIDU) berbasis Board Game untuk pengetahuan pendidikan seks pada anak usia dini. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berusia 4-6 Tahun di TK-IT Al Azka Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan merupakan Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Validasi kelayakan Board Game SKIDU dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta diimplementasikan kepada 16 peserta didik kelas B1 di TK IT Al-Azka Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan Board Game SKIDU untuk Anak Usia Dini diperoleh hasil validasi ahli materi 98,00% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi ahli media diperoleh nilai 89,00% dengan kategori sangat layak. Kemudian tanggapan orang tua terhadap produk Board Game SKIDU untuk Anak Usia Dini diperoleh nilai 98,00% dengan kategori sangat layak, tanggapan pendidik diperoleh nilai 100% dengan kategori sangat positif. Kemudian berdasarkan uji coba satu-satu diperoleh nilai 89,75% kategori sangat tinggi, uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 85,50% kategori sangat tinggi, dan uji coba lapangan diperoleh nilai 91,25% dengan kategori sangat tinggi. Sehingga media Sex Kids Education (SKIDU) berbasis Board Game layak digunakan oleh peserta didik sebagai media pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adhani, D. N., & Ayu, R. (2018). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Sains. Natural Science Education Research, 1(2), 235–242. https://doi.org/10.21107/Nser.V1i2.4837

Azzahra, Q. (2020). Pendidikan Seksual Bagi Anak Usia Dini : “My Bodies Belong To Me". Jurnal Pendidikan: Early Childhood. 4(1).

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The Addie Approach. Springer Us. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Pt Remaja Rosdakarya Offset.

Dliyaulhaq, M. A. (2021). Perancangan Board Game Tokoh Sahabat Nabi Untuk Edukasi Anak Usia 9-12 Tahun. 2(3).

Fajar, D. A., Susanto, S., & Achwandi, R. (2019). Strategi Optimalisasi Peran Pendidikan Seks Usia Dini Di Paud Dalam Menanggulangi Pelecehan Seks Terhadap Anak Di Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 7. https://doi.org/10.54911/litbang.v7i0.84

Hayat, C., & Cancerita, S. (2022). Pendekatan Model Addie Dan Framework Mda Pada Gamifikasi Edukasi Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(4), 849. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022944848

Khalidah, H., Mulyadi, & Ariani, D. (2022). Media Pembelajaran Permainan Papan Untuk Pendidikan Seksualitas Di Lembaga Diar. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 71–79. https://doi.org/10.21009/jpi.051.09

Lestari, N. E., & Herliana, I. (2020). Implementasi Pendidikan Seksual Sejak Dini Melalui Audio Visual. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Maju, 1(01), 29–33. https://doi.org/10.33221/jpmim.v1i01.566

Rimawati, E., & Nugraheni, S. A. (2020). Method Of Early Childhood Sexual Education In Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.24893/jkma.v13i1.388

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur Dan Sintesis Pengetahuan Baru. Rajawali Pers.

Shabrina, S. F., Ramadhani, N. A. R., & Syu’aib, A. B. (2022). Fun Cards Sebagai Media Sex Education Untuk Anak Usia 3-6 Tahun. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 10(2), 139–157. https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47320

Sihite, & Nasution. (2021). Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Jambi Meningkat Selama Pandemi. https://www.viva.co.Id/Berita/Nasional/1416220-Kekerasan-Seksual-Terhadap-Anak-Di-Jambi-Meningkat-Selama-Pandemi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 164–174. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385

Tangidy, A. M., & Setiawan, T. A. (2016). Toleransi Melalui Model Budaya Pela Gandong Menggunakan Media Board Game Untuk Mahasiswa. Sabda, 11(2), 16–25.

Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Kota Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 2 (2), 55–68.


Keywords  :  
Kata Kunci: Media Sex Kids Education (SKIDU), Board Game, Anak Usia Dini Sex Kids Education (SKIDU) Media, Board Game, Early Childhood
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-01
Cara Mengutip  :  
Rahayu, D., Indryani, I., & Wulandari, B. A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA SEX KIDS EDUCATION (SKIDU) BERBASIS BOARD GAME UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 83–95. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1179
Terbitan  :