PENERAPAN STRATEGI SQ4R DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Apri zan ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Membaca adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk diajarkan di Sekolah Dasar. Strategi SQ4R (survei, pertanyaan, membaca, merenungkan, dan mengulas) adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi strategi SQ4R dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada saat prabaca, saatbaca dan pascabaca di kelas lima SD Negeri 51 / II Desa Paku Aji Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan strategi SQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca di kelas lima SD Negeri 51 / II Desa Paku Aji.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Rofi’udin & Darmiyati Zuchdi. 1998. Pendidikan Bahasa dan Sastra diKelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya, Semarang: PT. Karya Toha Putra, 1998

Ermanto.2008. Keterampilan Membaca Cerdas. Padang: UNP Press.

Farida, Rahim. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakakan Kelas. Jakarta: PT Raja Garafindo Perkasa.

Kundharu Saddhono dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung:Karya Putra Darwati.

Saleh, Abbas,. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Samsu, Sumadoyo. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soedarso. 2010. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Yunus, Abidin. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Karakter. Bandung: Refika Aditama.


Keywords  :  
Kata Kunci: Aktvitas, SQ4R, membaca pemahaman activity, SQ4R, Reading Skill
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-06-30
Cara Mengutip  :  
zan, A. (2019). PENERAPAN STRATEGI SQ4R DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 246–257. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.111
Terbitan  :