MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan supervisi akademik dengan teknik observasi kelas untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SMPN 6 Tanah Sepenggal dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 5 orang guru, yang ditentukan berdasarkan hasil observasi pada pra siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan supervisi akademik dengan teknik observasi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru- guru SMPN 6 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
Downloads
References
Gabena, Pinta. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di SD Negeri 0102 Barumun. RISTEKDIK (Jurnal Bimbingan dan Konseling) Volume 3 Nomor 1, Halaman 56-60, Juni 2017. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/127/116
Glickman, C.D., Gordon, S.P., and Ross-Gordon, J.M. (2007). Supervisionand Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition Boston: Perason.
Hamid. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Sdn 007 Panipahan Darat. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 2 November 2017
Permendiknas. (2007). Tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas
Pujiono, Setyawan. (2008). Desain Penelitian Tindakan Kelas dan Teknik Pengembangan Kajian Pustaka. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiarti, Titiek. (2013). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan di SMAN 1 Tenjo Kab. Bogor. Bogor : SMAN 1 Tenjo
Keywords | : |
Keywords:
supervisi akademik, perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran academic supervision, planning, implementation, learning
|
Galleys | : | |
Published | : |
2020-11-20
|
How to Cite | : |
Zulfia, E. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 539–544. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.268
|
Issue | : |
Section
Articles
|