MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN GAWANG TONG PADA SISWA KELAS V SDN 81/II MUARA BUNGO

Silis Silis ( )

Abstrak

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang tepat serta sarana yang kurang memadai dalam proses pembelajaran sepakbola dan kurangnya penguasaan keterampilan tehnik, dasar permainan sepakbola, sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sepakbola melalui permainan gawang tong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 81/II Muara Bungo. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa saat pelaksanaan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui permainan gawang tong dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran sepakbola. Pada siklus I diketahui presentase ketuntasan belajar sebesar 68 % dengan jumlah 25 siswa, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77 %, dengan jumlah ketuntasan 29 siswa. Kesimpulan penelitian ini bahwa pendekatan permainan sepakbola dengan gawang tong dapat meningkatkan kemampuan sepakbola pada siswa kelas V SDN 81/II Muara Bungo. Saran penelitian ini ditujukan kepada para guru Penjasorkes yang mengalami kesulitan dalam peningkatan hasil belajar sepakbola, PTK ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk mengatasi masalah tersebut.


Keywords  :  
Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, Sepakbola, Gawang Tong improvement in learning outcomes, football, Gawang Tong
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-01-02
Cara Mengutip  :  
Silis, S. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN GAWANG TONG PADA SISWA KELAS V SDN 81/II MUARA BUNGO. Jurnal Muara Olahraga, 1(1), 110–118. https://doi.org/10.52060/jmo.v1i1.96
Terbitan  :