PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN FOOTBALL SOCCER GACONE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TANAH SEPENGGAL
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ranah pengembangan model pembelajaran Pendidikan Jasmani. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk modifikasi permainan sepak bola yang sesuai dengan siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tanah Sepenggal. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi,termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa bentuk kegiatan permainan sepak bola), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, (5) uji coba skala besar, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi pembelajaran permainan “Football Soccer Gacone”. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran), uji coba skala kecil (8 siswa), dan uji skala besar (30 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli, yaitu ahli Penjas 89% (baik), ahli Pembelajaran 86% (baik), uji coba skala kecil 75,83% (baik), dan uji coba skala besar 69,66% (cukup baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan Football Soccer Gacone ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran penjasorkes siswa Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa permainan Football Soccer Gacone efektif, sehingga dapat diterapkan sebagai model pembelajaran dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tanah Sepenggal dapat menggunakan produk model Permainan Football Soccer Gacone dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani
Referensi
Abdul Kadir. 2012 Pengantantar Asas-asas dan Landasan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Jakarta: Depdikbud.
Achmad Rahandianto. 2011. Hakikat Permainan Sepak bola. [Pdf],Indonesia/Hakekat Permainan SE achmadrahandianto 15683. Pdf. Diaksess Pada tanggal 20 Desember 2014.
Aditya Galih Kusuma 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Sepak Bola Melalui Permainan Soccer Ball Bounce pada siswa kelas VIII SMP N 13 Magelang: Tidak diterbitkan.
Angga Nur Hakim 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Sepak Bola dengan Permainan Botak dalam Penjasorkes Kelas XI SMA Negeri 1 Kasiman: Tidak diterbitkan
Candra Tri Puguh Saputra. 2013 Pengembangan Model Pembelajaran Sepak Bola Gawang Simpai Melalui Pendekatan Perkebunan Pada Siswa Kelas V SD N Gadu Pati: Tidak diterbitkan.
Dep dinas.Bambang Abduljabar. 2011 Pengertian Pendidikan Jasmani.[pdf].http:/ file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR.Pend.Olahraga/19650909.
Fadil Shahab 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Sepak Bola melalui Permainan 3 IN 1 Football pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pekalongan: Tidak diterbitkan.
Latif Bagus Maulana 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Sepak Bola Melalui Permainan Bo Bo Krom pada Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boja: Tidak diterbitkan.
Ikhsan Maulana Putra & Deka Ismi Mori: “Analisis Kelinchan dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Dribbling Atllet Sepak Bola Kota Lintas Muara Bungo, Jurnal Muara, Kode Jurnal, Olahraga vol.1No.1(2018).
Martin. Sudarmono. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Sepak Bola Melalui Permainan Sepak Bola Gawang Ganda Bagi Siswa SMP N 3 Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Semarang: Tidak Diterbitkan.
Rahayu. 2016 Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta : Bandung.
Rosdiani. 2013. Model Pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta.
Rusli. 2010 Asas-asas Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Subagyo. 2010. Sepak Bola Jakarta: Depdikbud.
Sukirman. dkk., 2003. Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sucipto. dkk. 2000. Sepak bola Jakarta : Depdikbud.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta Rineka Cipta.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pengembangan, Pembelajaran, Permainan Football Soccer Gacone. Development, Learning, Football Soccer Gacone
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-07-22
|
Cara Mengutip | : |
Saputra, D. R. (2022). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN FOOTBALL SOCCER GACONE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TANAH SEPENGGAL. Jurnal Muara Olahraga, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.52060/jmo.v4i2.811
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|