KONSEP DIRI POSITIF PENDIDIK DALAM MENGIINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MORAL DALAM PEMBELAJARAN PSIKOLOGI

Enjoni Enjoni ( Universitas Bung Hatta )
Wirnita Wirnita ( Universitas Bung Hatta )

Abstrak

Abstrak

Pendidikmemegang peran sangat penting bagi kemajuan institusi dan pembentukan karakter peserta didik. Namun, sudah bukan rahasia lagi banyak pendidik yaitu dosen mengabaikan tugas pokok mengajar. Bagi sebagian besar dosen, tugas mengajar telah dijadikan prioritas kedua. Di sisi lain Hatten, dkk (2001) menegaskan bahwa satu masalah utama dewasa ini adalah sangat sedikit pendidik yang mengajarkan perilaku etis terhadap peserta didik. jurnalini akan mengungkap sejauh mana konsepdiri positif seorang pendidik dan penerapan nilai-nilai moral selama perkuliahan Psikologi Pendidikan dapat meningkatkan karakter pesertadidik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep positif seorang pendidik dalam wujud selalu memberi contoh datang tepat waktu dalam mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan dapat meningkatkan karakter kepatuhan dan pembentukan karakter mahasiswa, yaitu datang tepat waktu atau tidak terlambat dalam mengikuti perkuliahan dan memiliki karakter yang bagus. Begitu juga dosen yang menyelipkan nilai-nilai moral selama mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan dapat memberi dampak terhadap terbentuknya karakter kejujuran mahasiswa, yaitu perilaku jujur atau tidak melakukan tindakan menyontek dalam ujian.

Kata kunci: dosen, keonsep diri positif, karakter mahasiswaPendidik memegang peran sangat penting bagi kemajuan institusi dan pembentukan
karakter peserta didik. Namun, sudah bukan rahasia lagi banyak pendidik yaitu dosen
mengabaikan tugas pokok mengajar , Keteladanan dosen dan penerapan nilai-nilai moral selama
perkuliahan Psikologi Pendidikan membentuk karakter kepatuhan dan kejujuran mahasiswa.
Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui dampak keteladanan dosen dan penerapan nilai-nilai
moral dalam perkuliahan Psikologi Pendidikan terhadap pembentukan karakter kepatuhan dan
kejujuran mahasiswa.
Penelitian ini memberikan dan menganalisis terkait dengan konsep diri positif seorang
pendidik dalam menerapkan nilai-nilai moral dalam pembelajaran psikologi. berdasarkan analis
deskriptif dari tulisan ini, diharapkan tulisan ini bias member masukkan / wawasan kepada insan
pendidikan, sehingga memahami konsep diri positif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep positif seorang pendidik dalam wujud selalu
memberi contoh datang tepat waktu dalam mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan dapat
meningkatkan karakter kepatuhan dan pembentukan karakter mahasiswa, yaitu datang tepat
waktu atau tidak terlambat dalam mengikuti perkuliahan dan memiliki karakter yang bagus. Begitu
juga dosen yang menyelipkan nilai-nilai moral selama mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan
dapat memberi dampak terhadap terbentuknya karakter kejujuran mahasiswa, yaitu perilaku jujur
atau tidak melakukan tindakan menyontek dalam ujian.
Kata kunci: Dosen, Konsep diri positif, Karakter mahasiswa

Referensi

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2010. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Bandung: Alfabeta. Djiwandono,
Sri Esti Wuryani. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Gredler,
Margaret E. 2011. Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
R.B.Burns. The Self Concept. (Terjemahan, Eddy, 19930, Penerbit arcan, Jakarta
Finley, K.Thomas. Mental Dynamics.(Terje mahan, Hikmat Kusumaningrat, 1980), Pancar Kumala, Jakarta
Gymnastiar, Abdullah.(2002). Menjadi Muslim Presentatif. MQS Pustaka Grafika Kadir
PramaGede,(2002), Percaya Cinta Percaya Keajaiban, Gramedia Jakarta W. Dyer, Wayne,Your Erroneous Zone (Terjemahan, Marina Katherin, 2003), Dela Pratasa Publishing.

Keywords  :  
Kata Kunci: dosen, konsep diri positif, karakter mahasiswa Lecturer, Positive self-concept, Student character
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-01-21
Cara Mengutip  :  
Enjoni, E., & Wirnita, W. (2022). KONSEP DIRI POSITIF PENDIDIK DALAM MENGIINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MORAL DALAM PEMBELAJARAN PSIKOLOGI. Jurnal Muara Olahraga, 4(1), 33–41. https://doi.org/10.52060/jmo.v4i1.704
Terbitan  :