MEDIA KARDUS BEKAS SEBAGAI ALTERNATIF PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PESERTA DIDIK
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik yang merasa terbebani dengan pelajaran penjaskes karena dibutuhkan kemampuan jasmani dalam mempelajari hal tersebut. Untuk menghadirkan pengalaman konkrit dalam bentuk nyata khususnya dalam pelajaran PJOK konsep ataupun praktek (pengelolaan jasmani), maka seorang guru hendaknya menggunakan media/ alat peraga sehingga pengalaman belajar yang dimiliki oleh peserta didik benar-benar nyata dan tersimpan dengan baik dalam pemahaman peserta didik.
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, dengan empat langkah pokok yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi, dengan melibatkan siswa sebagai sampel di SMP Negeri 01 Muara Bungo.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga Kardus Bekas (KB) kemampuan peserta didik secara kuantitatif dalam bentuk kemampuan lompat jauh dan secara kualitatif dalam bentuk minat, perhatian, partisipasi dan presentasi peserta didik lebih meningkat. Rata-rata skor perolehan kemampuan lompat jauhpeserta didik dari siklus I ke siklus 2 terjadi peningkatan. Selain skor rata-rata ketuntasan belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan. Hal ini disebabkan karena penggunaan alat peraga Kardus Bekas (KB) dengan perbaikan manajemen kelas yang lebih baik yang dilakukan secara berkelompok.
Kata Kunci : media, kardus bekas, lompat jauh
Keywords | : |
Kata Kunci:
media, kardus bekas, lompat jauh media, used cardboard, long jump
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2021-10-08
|
Cara Mengutip | : |
Bustaman, S. (2021). MEDIA KARDUS BEKAS SEBAGAI ALTERNATIF PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PESERTA DIDIK. Jurnal Muara Olahraga, 3(2), 76–90. https://doi.org/10.52060/jmo.v3i2.581
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|