Pengembangan Model Training of trainer pada Pelajaran Tematik untuk Anak Inklusi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran TOT untuk Sekolah Dasar inklusi dan (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran untuk Sekolah Dasar inklusi yang dikembangkan. Subyek penelitian ini adalah guru olahraga SD N 33 Pangkalpinang. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang meliputi beberapa tahap: (1) perencanaan; (2) desain; (3) pengembangan produk dan (4) evaluasi. Tahap perencanaan mencakup persiapan awal. Tahap desain meliputi penyusunan struktur program, pembuatan story board, perancangan antar-muka, penyusunan sistematika penyajian materi, ilustrasi, visualisasi. Tahap pengembangan produk terdiri dari penulisan teks, pemasangan gambar pengembangan model evaluasi. Tahap evaluasi dilakukan dalam bentuk tes alpha berupa validasi ahli materi, dan tes beta oleh guru sekolah dasar. Hasil penelitian menghasilkan modul pembelajaran yang telah sesuai fungsinya. Hasil rata-rata penilaian dalam prosentase oleh validator ahli materi sebesar 82,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Kelayakan modul pembelajaran TOT untuk anak inklusi yang telah dikembangkan pada aspek materi memperoleh skor 82,5 dan rerata skor 4,125 dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian aspek tampilan sebesar 41 dan rerata 4,1 dengan kategori “Sangat baik”, aspek Isi sebesar 41,5 dan rerata 4,15 dengan kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Model Training of trainer, inklusi, inovatif Training of trainer Model (TOT), Inclusion, Innovative
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2018-11-04
|
Cara Mengutip | : |
Putranto, D., & Nugroho, F. (2018). Pengembangan Model Training of trainer pada Pelajaran Tematik untuk Anak Inklusi. Jurnal Muara Olahraga, 1(1), 14–28. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pjkr/article/view/43
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|