Literasi Olahraga Berbasis Kearifan Lokal: Upaya Kolaboratif Antara Sekolah dan Sekolah Adat Moi, Kabupaten Sorong

Emayanti ( Universitas Muhammadiyah Sorong )
Oktrin ( )
Agus Kurniadi Kurniadi ( a:1:{s:5:"en_US";s:32:"University Muhammdiyah of Sorong";} )
La Robi ( Universitas Muhammadiyah Sorong )
Istiyono ( )

Abstrak

Artikel ini mengeksplorasi integrasi kearifan lokal ke dalam literasi olahraga melalui kolaborasi antara sekolah formal dan Sekolah Tradisional Moi di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Indonesia. Dalam konteks globalisasi, melestarikan nilai-nilai adat sambil mempromosikan kesehatan dan pendidikan jasmani menghadirkan tantangan dan peluang. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana praktik budaya komunitas Moi—khususnya permainan tradisional, seni gerakan, dan ritual lokal—dapat diubah menjadi konten pendidikan yang mendukung literasi fisik, identitas, dan integritas budaya siswa. Dengan memanfaatkan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa model kolaboratif tidak hanya mendorong keterlibatan siswa dalam aktivitas fisik tetapi juga memperkuat transmisi budaya.

Referensi

Amir Salipu, M., Zebua, M. T., & Utomo, S. (2022). KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBANGUNAN STUDI KASUS: REVITALISASI BANGUNAN TRADISIONAL DI ILAGA, KABUPATEN PUNCAK-PAPUA. 19.

An, J., & Nie, Z. (2023). Research on Integration and Application of Ethnic Sports, Folk Sports, and Traditional Sports in School Education among Minority Groups. Educational Administration: Theory and Practice, 29(4). https://doi.org/10.52152/kuey.v29i4.957

Boissière, M., Locatelli, B., Sheil, D., Padmanaba, M., & Sadjudin, E. (2013). Local perceptions of climate variability and change in tropical forests of Papua, Indonesia. Ecology and Society, 18(4). https://doi.org/10.5751/ES-05822-180413

Dwi Kusumaningrum, D., & Muslim, F. (n.d.). Dini Dwi Kusumaningrum, Fikri Muslim: Model of Inclusive Education in Strengthening Affirmative Policies for Indigenous Papuans POTENSIA: Jurnal MODEL OF INCLUSIVE EDUCATION IN STRENGTHENING AFFIRMATIVE POLICIES FOR INDIGENOUS PAPUANS (OAP). In Kependidikan Islam (Vol. 9, Issue 1).

Firdaussy, U. F., Ningsih, S., & Asrawijaya, E. (2024). Basic education for indigenous peoples in Indonesia: Limiting children’s cultural alienation and loss of identity. Issues in Educational Research, 34(3), 995–1015.

Fredrik, J., Budiyono, & Siswanto. (2021). Ethnomathematics Activities in Kain Timur Making (The Moi Tribe Mas Kawin Tradition, Sorong City, West Papua) . Proceedings of the International Conference of Mathematics and Mathematics Education (I-CMME 2021), 597, 295–302. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.041

Gaspersz, S., Leuwol, N. V., & Wonmaly, W. (2024). Pelatihan Kompetensi Guru Sekolah Minggu dalam Penerapan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal di Jemaat Immanuel Boswezen Sorong. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(3). https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i3.12571

Hadyansah, D., Septiana, R. A., & Budiman, A. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Aksara Raga, 3, 42.

Kesehatan, F., Suhendra, D. I., Kurniawan, A. R., & Artikel, R. (2024). Pendampingan Program Pendidikan Jasmani Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Aktivitas Fisik Anak Usia Dini di Kampung Babakan, Ciamis Info Artikel. https://doi.org/10.25157/jpkmu.v1i1.18548

Ma, A., Tinaz, C., & Anira, A. (2025). Physical education and school sport in emerging nations : a comparison of Indonesia and Türkiye. June. https://doi.org/10.3389/fspor.2025.1582778

Meirista, E., & Prasetia, A. (2021). PENERAPAN KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN HIDUP DAN PENGETAHUAN MATEMATIKA DI MASYARAKAT ASLI PAPUA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.29697

Mokodompit, L., Kasnawi, M. T., Abdullah, S., & Radjab, M. (2024). The Interaction of Tradition and Modernity in the Leadership of Papuan Indigenous Peoples: The Case of the Comorian Mimika Tribe, Indonesia. International Journal of Qualitative Research, 4(1), 44–56. https://doi.org/10.47540/ijqr.v4i1.1418

Papua, J. P., Korespondensi:, A., Fmipa, J. B., Uncen-Waena, K., Kamp, J., Wolker Waena, J., Papua, 99358, Fkip, S., Uncen-Abepura, K., Raya, J., Abepura, S., Papua, J. 99358, Hefmi, R., Tanjung, R., Yektiningtyas, W., Lisye, D., & Zebua, I. (2010). MENINGKATKAN LITERASI ANAK-ANAK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KABUPATEN YALIMO, PAPUA. 10(2), 68–74.

Siriat, L., & Nurbayani, S. (2018). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI TANJUNGPINANG-KEPRI. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 27(2). https://doi.org/10.17509/jpis.v27i2.11185

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1). https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-07-22
Cara Mengutip  :  
Emayanti, Oktrin, Kurniadi, A. K., Robi, L., & Istiyono. (2025). Literasi Olahraga Berbasis Kearifan Lokal: Upaya Kolaboratif Antara Sekolah dan Sekolah Adat Moi, Kabupaten Sorong. Jurnal Muara Olahraga, 7(2), 336–343. https://doi.org/10.52060/jmo.v7i2.3423
Terbitan  :