Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK Siswa SD

Ratnawati ( Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi )

Abstrak

Faktor internal dan eksternal memainkan peran penting dalam proses pembelajaran siswa, terutama dalam pendidikan jasmani. Faktor internal meliputi perhatian, motivasi, dan rasa ingin tahu siswa, sementara faktor eksternal meliputi sarana prasarana, motivasi dari keluarga dan pendidik, serta kondisi lingkungan. Penggunaan media pembelajaran interaktif memiliki potensi besar untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, tetapi tantangan seperti keterbatasan akses teknologi dan kesiapan guru harus diatasi. Penelitian ini mengkaji pengaruh media interaktif terhadap proses belajar siswa SD melalui studi kepustakaan, serta menyoroti pentingnya pengembangan model pembelajaran yang mengintegrasikan faktor internal dan eksternal agar proses belajar menjadi lebih menarik dan efektif. Hasil menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut dan bahwa media interaktif dapat menjadi inovasi penting dalam pendidikan jasmani untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan kesehatan siswa.

Referensi

Akmal, L. Y., Anjelina, R., Alwi, N. A., & Kharisma, I. (t.t.). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Bahasa dan Ilmu Sosial, 265–272. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i4.1938

Ali, A., Fenica, S. D., Aini, W., Hidayat, A. F., & Jambi, U. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(1), 1–6.

Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. 4(1), 1–7.

Khusnul Kirom, R. (t.t.). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI (Studi Kasus di Kelas XI IPA Madrasah Aliyah 1 Kampar). 2, 86–95. https://doi.org/10.61132/jupendir.v2i1.211

Pratama, M. P., Hasanah, F. N., Pgsd, P., Psikologi, F., Pendidikan, I., Sidoarjo, U., Pendidikan, P., & Informasi, T. (t.t.-b). Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SD. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproximaEDUPROXIMA6

Silvianti, N. A., & Gazali, N. (t.t.). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Jasmani Dalam Permainan Bola Voli. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/

Harvianto, Y. (2021a). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. 4(1), 1–7.

Holst, J., Brock, A., Singer-Brodowski, M., & de Haan, G. (2020). Monitoring progress of change: Implementation of Education for Sustainable Development (ESD) within documents of the German education system. Sustainability (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/su12104306

Indah Verawati, Rahma Dewi, & Muhammad Reza Destya. (2024). The Impact of Interactive Learning Media to Increase Interest in Learning Physical Education. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(3), 466–473. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i3.85542

Khusnul Kirom, R. (t.t.-a). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI (Studi Kasus di Kelas XI IPA Madrasah Aliyah 1 Kampar). 2, 86–95. https://doi.org/10.61132/jupendir.v2i1.211

Lanos, M. E. C., Handyani, W., Manullang, J. G., Winartiningsih, A., & Festiawan, R. (2024). Development of interactive manipulative motion learning media using adobe animate for elementary school students. Jurnal Keolahragaan, 12(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jk.v12i2.76328

Marudin. (2025). EDUBINA: Jurnal Pembelajaran Pendidikan Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 1 Bunut Baok Article Info. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis…-1 EDUBINA, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.55681/kanaka.v4i1.xxx

Nur Budi Nugraha. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 17(1), 96–104. https://doi.org/10.51903/pixel.v17i1.1974

Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa sd negeri pinang 1. Dalam bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 3, Nomor 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Oman, Khusnah, S., Marini, A., Yarmi, G., Safitri, D., Sujarwo, Zahari, M., & Dewiyani, L. (2024a). Interactive Multimedia in Physical Education: The Effectiveness of Powtoon in Improving Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Edutech Undiksha, 12(2), 302–311. https://doi.org/10.23887/jeu.v12i2.85687

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning. New York: Cambridge University Press.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35.

Rosdiani, D. (2013). Model pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta.

Samsudin. (2014). Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slavin, R. E. (2011). Educational psychology: Theory and practice. Boston: Pearson Education.

Sukintaka. (2001). Teori pendidikan jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Uno, H. B. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Keywords  :  
Kata Kunci: Pembelajaran interaktif, media digital, pendidikan dasar, pendidikan jasmani, siswa SD. Interactive learning, digital media, elementary education, physical education, elementary school students.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-12-24
Cara Mengutip  :  
Ratnawati. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK Siswa SD. Jurnal Muara Olahraga, 8(1), 73–83. https://doi.org/10.52060/jmo.v8i1.3421
Terbitan  :