Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa SD

Abu Bakar ( Universitas Muhammadiyah Sorong )
Rachmat Hidayat ( Universitas Muhammadiyah Palopo )

Abstrak

Minat belajar memiliki peran penting dalam menentukan hasil belajar siswa, termasuk dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat terhadap hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa SD Inpres Pattalassang Kab.Gowa. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan variabel bebas minat dan variabel terikat hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres Pattalassang Kab.Gowa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SD Inpres Pattalassang Kab.Gowa kelas V yang mempunyai minat belajar yang rendah berjumlah 15 siswa, maka seluruhnya dijadikan sampel dalam penelitian tersebut. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini mengemukakan kesimpulan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan minat terhadap hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa SD Inpres Pattalassang Kab.Gowa sebesar 88,2%.

Referensi

Abustang, W. F. P. B. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 28–35.

Al-hilali, D. H., & Rahmat, A. (2024). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Passing Permainan Sepak Bola Dalam Pembelajaran Penjas : Sytematic Literature Review. Jurnal Pedagogik Olahraga, 10(01), 172–182.

Andini, M., Janwar, M., & Cakrawijaya, M. H. (2021). Survei Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 12 Makassar. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora E, 1(2), 9–15.

Hermansyah, H. N., Suwarni, S., & Anggara, D. (2023). Pengaruh Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Pjok Terhadap Hasil Belajar Pjok Siswa Sma It Iqra Kota Bengkulu. Educative Sportive, 4(2), 215–219. https://doi.org/10.33258/edusport.v4i02.4212.

Nisa, H. U., Nurbaeti, R. U., & Budiana, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1528–1535. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2110.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2014.

Oknaryana, O., & Irfani, O. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 5(2), 261. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.13152.

Risna Novita, Eka Supriatna, Isti Dwi Puspita Wati. 2015. “Survei Minat Siswa Siswi Dalam Pembelajaran Penjas SMP.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa: 848. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774.

Rista, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 148. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12075.

Saleh, M Sahib, and Malinta Sunandar Sakria. 2020. “Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar.” Kinestetik 4(1): 55–62.

Salem, J. A. M., Paat, W. R. L., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Jaringan Dasar. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 132–138. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.1172.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Utami, W. D., Rahma, S. B., & Anggraini, I. A. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index%0ATerampil:

Yuliana, C., Putra, I. M., Wulandari, T., Al-Ihsan, M. I., & Prasetyo, O. D. (2024). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMPN 7 Muara Bungo. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 8(1), 159–168. https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10218

Yusuf, Anjani A, Maya, Dewi S. 2022. “JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) Vol. 2, No.1, Desember 2022.” 2(1): 1–7.


Keywords  :  
Kata Kunci: Minat, hasil belajar Interest, learning outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-01-03
Cara Mengutip  :  
Bakar, A., & Hidayat, R. (2025). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa SD. Jurnal Muara Olahraga, 7(1), 168–182. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pjkr/article/view/2595
Terbitan  :