Pengaruh Peer Teaching Model Dalam Permainan Bola Voli Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Bela Santika ( STKIP Purwakarta )
Ai Faridah ( STKIP Purwakarta )
Dian Permana ( )

Abstrak

mengindentifikasi pengaruh model Peer Teaching dalam permainan bolavoli terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Klari. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Klari dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu VII G dengan jumlah siswa 40, dan VII B dengan jumlah siswa 37 dari 512 siswa dengan jumlah seluruh kelas VII 13 Kelas.  Terdapat tiga tahap pada penelitian ini, yaitu pretest, treatment, dan posttest. Pretest dillakukan dikedua kelas untuk mengetahui kemampuan awal kerjasama siswa sebelum mendapatkan treatment. Setelah pretest peneliti memberikan treatment yaitu sebanyak delapan kali pertemuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol oleh guru pamong, dikelas eksperimen penelitian menggunakan model Peer Teaching sedangkan di kelas kontrol guru pamong menggunakan model pembelajara konvensional (Direct Intruction). Setelah diberikan treatment, selanjutnya peneliti melakukan Posttest dikedua kelas untuk mengetahui adakah pengaruh model Peer Teaching dikelas eksperimen. Analysis of Covarian (ANCOVA) digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model Peer Teaching dalam permainan bolavoli memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama dengan penjabaran sebagai berikut: 1).Penerapan model Peer Teaching dalam permainan bolavoli berpengaruh terhadap motivasi belajar  siswa.2).Penerapan model pembelajaran konvensional (Direct Intruction) dalam permainan bolavoli berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.3). Penerapan model Peer Teaching menunjukan perbedaan pengaruh dengan pengaruh yang lebih efektif dari model pembelajaran konvensional (Direct Intruction) dalam permainan bolavoli terhadapa motivasi belajar siswa siswa. Oleh karena itu melalui model Peer Teaching diharapkan dapat membantu meningkatkan sikap kerjasama siswa dalam kehidupannya sehari-hari sehingga dapat berkontribusi bagi pengembangan pendidikan karakter di indonesia.

Referensi

Abdulzabar (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Bandung: Univeristas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi 2013. Jakarta: Rineka Cipta

Aziz, M.(2021). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Permainan Bola Besar. Jurnal Pendidikan Mutiara.

Beutelstahl, Dieter. (2008). Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pioner Jaya.

Brings, J. Lesli. (1997). Instructional Desigm: Prinscipels and Aplication. Englewood Cliffs: Educational Tcnology Publication.

Boud, D., Cohen, R., and Sampson, J. (2001). Peer learning in higher education: Learning from and with each other. London: Kogan Press.

Chandra, Sodikin Dkk. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jawa Timur: Masmedia Buana Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Piskologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Frankel. Dkk, (2013). How To Design And Evaluante Research In Education. McGraw-Hill, an imprint of the McGraw-Hill Companies. In New York.

Hudaya, dkk. 2007. Psikologi Olahraga: Tinjauan Dari Perspektif Keilmuan Dan Aplikasi Dalam Olahraga Prestasi. Makalah. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia

Juliantine, Tite dkk (2013). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mc Clelland, David. C. 1988. Human Motivation. New York : Cambridge University Press.

Metzler, M. 2000. Instructional Model for Physical Education. Boston: Allyn & Bacon

Muhargary, W. (2016). Ensiklopedia Mini Olahraga. Jakarta Selatan: Rexa Pustaka.

Muhajir, (2006). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA Kelas X, Jakarta : Erlangga.

Muhajir, (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wahab, Rohmalina. (2016). Piskologi Belajar. Depok: Raja Grafindo.

Wiarto, Giri.(2015). Piskologi Perkembangan Manusia. Yogyakarta : Psikosain, 2015

Khodijah, Nyanyu. (2016). Piskologi Pendidikan. Depok: Raja Grafindo.

Sutrisno, M. Muhajir. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Jakarta:Kemendikbud.

Setyobroto, Sudibyo. (1989). Piskologi Olahraga. Jakarta.

Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (2006). Piskologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hermawan, Irwan (2015). Pengaruh Model Peer Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Keterampilan Hockey. Tesis pada Pendidikan Olahraga PJOK.Bandung Tidak terbitkan.


Keywords  :  
Kata Kunci: Permainan bola voli, motivasi olahraga, model peer teaching, Model Peer Teaching, Permainan Bolavoli, Motivasu Belajar Siswa.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-30
Cara Mengutip  :  
Santika, B., Faridah, A., & Permana, D. (2024). Pengaruh Peer Teaching Model Dalam Permainan Bola Voli Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Muara Olahraga, 7(1), 93–107. https://doi.org/10.52060/jmo.v7i1.2594
Terbitan  :