MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BOLA BASKET SISWA KELAS VIII SMP N 7 SINGARAJA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu jenis guru sebagai peneliti,yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja yang berjumlah 38 orang terdiri dari 26 orang putra dan 12 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal adalah 7,98 dan hasil belajar pada siklus I mencapai 52% pada kategori sangat kurang baik. Pada siklus II, aktivitas belajar secara klasikal adalah 9,3 dan hasil belajar mencapai 100% pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola basket.
Keywords | : |
Kata Kunci:
kooperatif tipe NHT, aktivitas, hasil belajar, bola basket cooperative NHT type, activity, learning outcomes, basketball
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2019-07-30
|
Cara Mengutip | : |
Ari Susila, G. H., Suardika, K., & Artha, K. A. (2019). MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BOLA BASKET SISWA KELAS VIII SMP N 7 SINGARAJA. Jurnal Muara Olahraga, 1(2), 146–157. https://doi.org/10.52060/jmo.v1i2.122
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|