UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS SATU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA BERGAMBAR UPT SDN BATURETNO 1
Abstrak
Studi ini mempunyai tujuan guna mengembangkan capaian akademik siswa kelas I pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang memanfaatkan alat bantu belajar yakni kartu bergambar. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah karena rendahnya minat dan kemampuan membaca siswa, yang disebabkan oleh metode mengajar yang masih konvensional dan kurang mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan memakai Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi menjadi dua siklus. Seluruh siklus memiliki empat fase, diantaranya yakni perancangan, pelaksanaan, observasi, hingga evaluasi. Subjek studi ini terdiri dari tiga belas siswa dari kelas satu UPT SD Negeri Baturetno 1 Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Data diperoleh menggunakan lembar tes. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwasanya nilai rata-rata mengalami peningkatan dari 59,23 dalam data pra-siklus hingga 70,31 dalam siklus I lalu sampai 81,15 dalam siklus II. Dan juga, persentase capaian akademik siswa yang berhasil bertambah dari 23% dalam fase awal hingga 84,6% pada siklus II. Penelitian ini membuktikan bahwasanya alat bantu belajar kartu kata bergambar mampu secara efektif mengembangkan capaian akademik siswa kelas satu.
Referensi
Abstrak. (n.d.). 14, 15–22.
Aini, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Materi Daily Activity Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa. Jurnal Kinerja Pendidikan, 4(3), 632–647. https://www.journalserambi.org/index.php/jkk/article/view/162
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Fandini, I. (2018). Penguasaan Struktur Teks Dan Unsur Kebahasaan Cerita Fantasi Siswa Kelas VII A Smp Negeri 3 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Universita Negeri Makasar, 1–20. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11591
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Ichsan, F. N. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.399
IKHSAN, K. N. (2022). Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119–127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Meha, N., & Hengelina. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di Bimba Aiueo Unit Alinda Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 21–26.
Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka. https://doi.org/10.31237/osf.io/x6p8n
Rahma, Q., & Effendy, U. (2017). Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IVB SD Negeri 24 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 4(2), 1–9. ejournal.unsri.ac.id
Renza, M. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445–451. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.562
Siki, I. M., Suyitno, I., Anggraini, A. E., Sutadji, E., & Rahayuningsih, S. (2024). Dampak Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan Dukungan Orang Tua terhadap Kemampuan Calistung Siswa SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 33(1), 1. https://doi.org/10.17977/um009v33i12024p1-13
Suprihatien, Triendhita Nuraini Dewi, Emanuel Lambertus Meko, A., & Adawiyah, M. Afdany Laudy, dan T. N. (2024). Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sdn Pakis V Surabaya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1–23.
Suryaningsih, H., & Septikasari, Z. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar di SD Negeri Jumeneng Lor. 10, 58–65.
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Membaca Permulaan, Kartu Kata Bergambar, Indonesian language, learning outcomes, beginning reading, picture word cards Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Membaca Permulaan, Kartu Kata Bergambar
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-10-17
|
| Cara Mengutip | : |
Matina, M. S. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS SATU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA BERGAMBAR UPT SDN BATURETNO 1. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 293–300. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3091
|
| Terbitan | : |
Bagian
Articles
|



311.png)


_SCCC1.png)
.png)
