Membangun MEMBANGUN KELAS SEJARAH INTERAKTIF DENGAN BANTUAN TEKNOLOGI DIGITAL: INOVASI DAN TANTANGAN
Abstrak
Dalam pembelajaran sejarah di Indonesia, penggunaan teknologi digital telah meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman mereka tentang sejarah. Studi ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur dengan pendekatan kualitatif. Metode observasi digunakan untuk mengamati bagaimana siswa berinteraksi dengan media interaktif seperti video animasi, peta interaktif, dan modul pembelajaran berbasis web. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa lebih terlibat dalam diskusi kelas dan memahami konsep sejarah yang lebih kompleks. Teknologi digital memiliki potensi besar untuk mengubah paradigma pembelajaran sejarah menjadi lebih dinamis dan relevan. Hal ini terlepas dari masalah seperti kesenjangan digital dan kebutuhan akan pelatihan tambahan bagi guru. Indonesia dapat terus maju menuju masa depan yang lebih modern dan inklusif dengan komitmen untuk mengatasi tantangan ini.
Referensi
Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 1(1), 9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4813
Amboro, K. (2020). Sejarah Publik Dan Pendidikan Sejarah Bagi Masyarakat. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(1), 29-40. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Arif, S., Rachmedia, V., & Pratama, R. A. (2023). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 435-446. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4685
Hasan, S. H.(2019). Pendidikan Sejarah Untuk Kehidupan Abad Ke-21. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(2), 61. https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16630
Herlina. (2020). Pendidikan Berbasis Teknologi (Permasalahan Dan Tantangan). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 3(2), 357-368.
Hidayatullah, M. T., Asbari, M., Ibrahim, M. I., & Faidz, A. H. H. (2023). Urgensi Aplikasi Teknologi Dalam Pendidikan Di Indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 70-73. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/785
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mauizah, A. Z., Apriliani, D. R., Utomo, S., Heriansyah, D., & Naqiyah, N. Urgensi Sejarah Sebagai Ilmu Dalam Upaya Penyadaran Kembali Identitas Nasional Bangsa Indonesia Kepada Generasi Muda Di Era Society 5.0. Jurnal Riset Agama, 1(3), 97-111. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15102
Muhtarom, H., Dora, K., & Andi. (2020). Pembelajaran Sejarah yang Aktif, Kreatif dan Inovatif melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(1), 29-36.
Parwati, N. P., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia di Era Society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143-158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256
Roosinda, F. W., Lestari, S. N., Utama, A. A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S, H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In D. U. Sutiksno, Ratnadewi, & I. Aziz (Eds.), Brigham Young University, 69(1). Zahir Publishing.
Saputra, A. (2020). Pendidikan Dan Teknologi: Tantangan Dan Kesempatan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 21-33.
Subroto, D. E., Wirawan, R. S., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(7), 473-480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07542
Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi dalam Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(6), 50-54.
Zen, Z. (2019). Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Menuju Pendidikan Masa Depan. E-Teach: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1-12. https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101346
Keywords | : |
Kata Kunci:
Kelas Sejarah, Pendidikan Sejarah, Teknologi, Inovasi, Tantangan History Class, History Education, Technology, Innovation, Challenges
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-30
|
Cara Mengutip | : |
Larasati, T. (2025). Membangun MEMBANGUN KELAS SEJARAH INTERAKTIF DENGAN BANTUAN TEKNOLOGI DIGITAL: INOVASI DAN TANTANGAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 475–484. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2206
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|