Penerapan PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas1 sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 207/IV Jerambah Bolong, kecamatan Jambi Selatan, kota Jambi, provinsi Jambi. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memakai pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 207/IV Jerambah Bolong setelah penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada tiap pertemuan di tiap siklus.
Referensi
Akhadiah, dkk. (2019). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Demirlan, dkk. (2022). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas II SD Negeri I Togeme. Jurnal PGSD FKIP Unkhair. Volume 10. Nomor 2, 2022, ISSN 2252-8431 (Online).
Fauriza, S., & Nurmalina. (2022). Penggunaan Metode SAS Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6 Nomor 1, 2022, ISSN 2614-6754 (Print), 2614-3097 (Online).
Hidayah, N., & Zahro, U. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sintetik Dengan Berbantuan Media Gambar dan Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Kluwut 04 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Dialekta Jurusan PGSD. Volume 3. Nomor 1, 2021, ISSN 2089-3876 (Online).
Hartini, S. (2022). Struktural Analitik Sintetik Metode Bermain dan Belajar. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Iswanto. (2019). Mikrokontroller Atmega8535 Dengan Bahasa Basic. Yogyakarta: Gava Media.
Kusumastuti, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 19. Volume 19. Nomor 8, 2019.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Laksmi, N., & Bagiada, I. (2023). Pengaruh Metode SAS Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Tamblang. Nusantara Hasana Journal. Volume 3. Nomor 2, 2023, ISSN 2798-1428 (Online). https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.951
Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah. Mataram: Sanabil.
Ningsih, Y. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Aplikatif. Aceh: PT Aceh Nusantara.
Putri, F., dkk. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4. Nomor 6, 2022, ISSN 2685-936X (Online), 2685-9351 (Cetak).
Rahim, F. (2017). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rofi’uddin, A., & Zuchdi, D. (2021). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sani, R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Slamet, Y. (2017). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
Sagala, S. (2019). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Saiful, dkk. (2016). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. Mataram: Cerdas Press Mataram.
Sugiyono. (2016). Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sani, B. (2018). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Surabaya: Kata Pena.
Sufanti, M. (2017). Strategi Pengajaran Bahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Fustaka.
Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Tarigan, H. (2018). Membaca (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa). Bandung: Angkasa.
Umrati. (2020). Analisis Data Kualitatif, Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Umayya, A., dkk. (2023). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Tunagrahita Ringan.Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 13. Nomor 2, 2023, ISSN 2528-696X (Online), 2087-9385 (Print). https://doi.org/10.24176/re.v13i2.9916
Wulandari, R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4. Nomor 3, 2022, ISSN 2685-936X (Online), 2685-9351 (Print).
Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yunus, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Zainal, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Metode Struktural Analitik Sintetik, Keterampilan Membaca Permulaan, Siswa Kelas Rendah synthetic Analytical Structural Methods, Beginning Reading Skills, Lower Class Students
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-04-08
|
Cara Mengutip | : |
Yunsacitra, Hariandi, A., & Sholeh, M. (2025). Penerapan PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 587–599. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.1967
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|