Penerapan PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Yunsacitra ( a:1:{s:5:"en_US";s:17:"Universitas Jambi";} )
Ahmad Hariandi ( Universitas Jambi )
Muhammad Sholeh ( Universitas Jambi )

Abstract

This research aims to describe the improvement of beginning reading skills through the application of the Synthetic Analytical Structural (SAS) method in grade 1 elementary school students. This research wa carried out at SDN 207/IV Jerambah Bolong, South Jambi sub-district, Jambi city, Jambi province. The form of this research is Classroom Action Research (CAR) using a qualitative approach. This research data was obtained by observation. Interviews, documentation, and tests. This research was carried out in 2 meetings. Each cycle consistsof four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results of this reserach were that there was an increase in intial reading skills in grade 1 students at SDN 207/IV Jerambah Bolong after applying the Synthetic Analytical Structural (SAS) method at each meeting in each cycle.

References

Akhadiah, dkk. (2019). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Demirlan, dkk. (2022). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas II SD Negeri I Togeme. Jurnal PGSD FKIP Unkhair. Volume 10. Nomor 2, 2022, ISSN 2252-8431 (Online).

Fauriza, S., & Nurmalina. (2022). Penggunaan Metode SAS Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6 Nomor 1, 2022, ISSN 2614-6754 (Print), 2614-3097 (Online).

Hidayah, N., & Zahro, U. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sintetik Dengan Berbantuan Media Gambar dan Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Kluwut 04 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Dialekta Jurusan PGSD. Volume 3. Nomor 1, 2021, ISSN 2089-3876 (Online).

Hartini, S. (2022). Struktural Analitik Sintetik Metode Bermain dan Belajar. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Iswanto. (2019). Mikrokontroller Atmega8535 Dengan Bahasa Basic. Yogyakarta: Gava Media.

Kusumastuti, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 19. Volume 19. Nomor 8, 2019.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Laksmi, N., & Bagiada, I. (2023). Pengaruh Metode SAS Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Tamblang. Nusantara Hasana Journal. Volume 3. Nomor 2, 2023, ISSN 2798-1428 (Online). https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.951

Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah. Mataram: Sanabil.

Ningsih, Y. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Aplikatif. Aceh: PT Aceh Nusantara.

Putri, F., dkk. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4. Nomor 6, 2022, ISSN 2685-936X (Online), 2685-9351 (Cetak).

Rahim, F. (2017). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rofi’uddin, A., & Zuchdi, D. (2021). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sani, R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet, Y. (2017). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Sagala, S. (2019). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saiful, dkk. (2016). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. Mataram: Cerdas Press Mataram.

Sugiyono. (2016). Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sani, B. (2018). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Surabaya: Kata Pena.

Sufanti, M. (2017). Strategi Pengajaran Bahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Fustaka.

Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tarigan, H. (2018). Membaca (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa). Bandung: Angkasa.

Umrati. (2020). Analisis Data Kualitatif, Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Umayya, A., dkk. (2023). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Tunagrahita Ringan.Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 13. Nomor 2, 2023, ISSN 2528-696X (Online), 2087-9385 (Print). https://doi.org/10.24176/re.v13i2.9916

Wulandari, R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4. Nomor 3, 2022, ISSN 2685-936X (Online), 2685-9351 (Print).

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yunus, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Zainal, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Keywords  :  
Keywords: Metode Struktural Analitik Sintetik, Keterampilan Membaca Permulaan, Siswa Kelas Rendah synthetic Analytical Structural Methods, Beginning Reading Skills, Lower Class Students
Galleys  :  
Published  :  
2025-04-08
How to Cite  :  
Yunsacitra, Hariandi, A., & Sholeh, M. (2025). Penerapan PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 587–599. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.1967
Issue  :