PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI PAPAN KAYU REKAYASA (MOKAYA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD/MI

Evita Widiyati Widiyati ( Universitas Hasyim Asy'ari )
Iis Daniati Fatimah ( Universitas PGRI Ronggolawe )
Ariga Bahrodin Bahrodin ( Universitas Hasyim Asy'ari )

Abstrak

IPA merupakan suatu usaha guna untuk memahami mengenai alam dengan tepat menggunakan prosedur dan penalaran  hingga didapatkan suatu kesimpulan. Dalam pembelajaran IPA tentu saja memerlukan bahan ajar. Bahan ajar yang dimaksud adalah dengan menggunakan LKPD. Tujuan penelitian pengembangan ini yakni untuk  mengetahui keefektivan, kepraktisan penggunaan LKPD dengan menggunakan media monopoli papan kayu rekayasa (mokaya). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan yakni analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). ). Pengumpulan data menggunakan metode tes hasil belajar, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji skor validitas, kepraktisan, N-gain dan uji skor angket respon siswa. Berdasarkan hasil perhitungan hasil tes siswa dengan keterangan bahwa apabila indeks N-Gain berada pada rentang nilai 0,3≤Ng ≥0,7 maka interpretasi atau keterangannya adalah sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan LKPD dengan media mokaya, dapat meningkatkan hasil tes siswa. LKPD dengan menggunakan media mokaya memenuhi kriteria efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtida’iyah.

Referensi

Azam, I. F., & Rokhimawan, M. A. (2020). Analisis Materi Ipa Kelas Iv Tema Indahnya Kebersamaan Dengan Hots. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(1), 100. Https://Doi.Org/10.22373/Jid.V21i1.5970

Anitah, Sri .2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arief S. Sadiman.2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pres.

A, M. Husna. 2009. 100+ Permainan Tradisional Indonesia untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban. Yogyakarta: Andi.

Bella, R. M., Matondang, K., & Wati, N. (2021). Respon Siswa Mts Swasta Al-Umm Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1729–1738. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.375

Endang Mulyatiningsih. 2012 Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadarisma, G., Sari, I. P., & Senjayawati, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuri Untuk Meningkatkan Hots Siswa Sma Pada Materi Trigonometri. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 239. Https://Doi.Org/10.25157/Teorema.V5i2.3725

Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Rifa, Iva. 2012. Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Jogjakarta. FlashBooks.

Riani, L., Misdalina, M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X Ipa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 90–99. Https://Doi.Org/10.26877/Jp2f.V12i1.7552

Sari, I. R., & Cilegon, M. A. R. (2019). Pengembangan Media Cd Interaktif Praktikum Ipa Siswa Mts ( The Development Of Interactive Cd Science Media For Students Of Mts ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, November, 118–126.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. Https://Doi.Org/10.36418/Japendi.V2i7.233

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani

Utaminingsih, Sri, dkk. 2019. Pengembangan Media Scrapbook Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. Volume 3 Nomor 2. (Online) (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/17378 . Diunduh pada 17 Juni 2022)

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp

Widoarti, N., & Suparman, S. (2021). Analisis Kebutuhan Lkpd Penunjang Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (Jipm), 3(1), 30–36.


Keywords  :  
Kata Kunci: LKPD, Media Monopoli, Hasil Belajar LKPD, Media Monopoli, Hasil Belajar
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-13
Cara Mengutip  :  
Widiyati, E. W., Fatimah, I. D., & Bahrodin, A. B. (2023). PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI PAPAN KAYU REKAYASA (MOKAYA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD/MI. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 505–513. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1129
Terbitan  :