PENGEMBANGAN BUKU CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN KEDUNGREJO 1 KEREK KABUPATEN TUBAN

Novialita Angga Wiratama ( Universitas PGRI Ronggolawe Tuban )

Abstrak

Hasil wawancara guru kelas dan observasi siswa kelas 1 SDN Kedungrejo 1 diperoleh data bahwa 15 siswa dari 22 siswa belum menguasai membaca. Kesulitan disebabkan kurangnya latihan. Tujuan peneliti ini  mengetahui proses pengembangan buku cerita dan kelayakannya. Penelitian R&D menggunakan model ADDIE. Pengumpul data penelitian ini, digunakan angket respon guru dan siswa, lembar validasi media dan bahasa, ahli materi, dan lembar tes siswa. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa persentase ahli materi (80%), ahli media (90%), dan ahli bahasa (93%) yang direpresentasikan dalam hasil sangat mungkin akurat. Formulir untuk tanggapan guru dan siswa terhadap kuesioner mencakup kriteria pembelajaran yang bermanfaat. 91% angket dengan tanggapan dari guru dan 89% angket dengan tanggapan dari siswa. Selain itu, hasil tes siswa mengungkapkan bahwa kriteria penggunaan yang efektif dipenuhi dengan skor 86% untuk ketuntasan klasikal. Tes siswa dan data dari angket respon guru dan siswa menunjukkan kelayakan, kegunaan, dan keefektifan media buku cerita yang dikembangkan.

Referensi

Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 989–992.
Afnida, M., Fakhriah & Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 53–54.
Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Isfihananti Alninda. 2016. Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dieng. Temanggung.
Lubis, A. H. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Model Cooperative Learning Tipe Numered Heads Together. In FORUM PAEDAGOGIK (Vol. 11, pp. 127–143).
Hamid, M. A., & dkk. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Medan.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. AlJabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 178-180. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Mayangsari. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sd Mardi Putera. Surabaya.
Ngura. 2018. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini Di Tk Maria Virgo. Nusa Tenggara Timur (NTT).
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurjanah, E., & Hakim, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 72. http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Rahmawati, Aulia. (2016). Penerapan SQ3R Berbantuan Reka Cerita Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca dan Hasil Belajar siswa. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, hlm. 126-132.
Rasto. (2020). Pengertian Tujuan dan Proses Membaca Permulaan.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 270. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267- 275.
Suantara, I. K., Suarjana, I. M., & Sudana, D. N. (2019). Kecendrungan Minat Membaca Siswa Kelas V SD Negeri 5 Seraya Barat Kecamatan Karangasem. 44–46.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta. Bandung.
Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Wiratama, Novialita Angga. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Tema Sistem Tata Surya Pada Siswa Kelas IV SDN Gedongombo 6 Kabupaten Tuban. Efektor. Vol 8 No 1 Hal. 69-78
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Keywords  :  
Kata Kunci: Pembelajaran, Keterampilan Membaca, Buku Cerita Learning, Reading Skills, Story Books
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-13
Cara Mengutip  :  
Wiratama, N. A. (2023). PENGEMBANGAN BUKU CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN KEDUNGREJO 1 KEREK KABUPATEN TUBAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 495–504. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1126
Terbitan  :