MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Nurlev Avana ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Tri Wera Agrita ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ratri Putri ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada menerapkan model-model. Hal ini menyebabkan proses dan hasil belajar peserta didik yang buruk. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan proses belajar matematika di kelas IV SDN 34/II Leban. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Studi ini dimulai pada semester kedua akademik 2022/2023. Metode pengumpulan datanya adalah melalui pengamatan, dokumentasi, dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis (PBL) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 34/II Leban. Hal ini ditunjukkan oleh hasil proses mengajar guru pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 98%, dengan peningkatan pada siklus I dan II sebesar 24%. Hasil proses belajar peserta didik pada siklus I sebesar 64,22% dan siklus II sebesar 90,74%, dengan peningkatan pada siklus I dan II sebesar 26,5%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 45,45% dan siklus II sebesar 72,72%, dengan peningkatan pada siklus I dan II sebesar 45.75%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S., Supardi, S., & Suhardjono, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas : Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Daut, M. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117%0Ahttps://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/download/117/94

Hakiki, M., & Cinta, D. P. (2021). Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match Di Kelas V Sd Negeri 60/Ii Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(1), 18–24. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.632

Juhaeriah, D., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKPD Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 157–165. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.495

Nazmi, R. (2018). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING ). Prosiding Seminar Nasional Biologi Edukasi (SEMNAS Bio-Edu 2018), 207–219.

Rusman. (2018). Model-model belajar (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Soidik, A., Solichin, E., & Safitri, E. (2020). Perbedaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning Dengan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Kelas Xii Smk Negeri 10 Merangin. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 602–608. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.276

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.

Wiyoko, T., Avana, N., & Misdaleni, M. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 13(1), 83–92. https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/8009


Keywords  :  
Kata Kunci: Hasil, Proses Belajar, Problem Based Learning Process, Learning Outcomes, Problem-Based Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-23
Cara Mengutip  :  
Avana, N., Agrita, T. W., & Putri, R. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 519–524. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.997
Terbitan  :