TINJAUAN AKSIOLOGI PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Abstrak
Penelitian ini meninjau aspek filsafat ilmu yang berfokus pada aspek aksiologi (nilai guna) dari profil pelajar pancasila kurikulum merdeka belajar. Penelitian menggunakan metode penelitian kulatatif dengan pendekan studi literatur. Pengumpulan informasi data yang relevan diambil dari berbagai sumber kepustakaan seperti; buku, jurnal, berita, internet yang sesuai dengan topik pembahasan. Hasil penelitian ini diperoleh dengan mengklasifikasikan dimensi, elemen, dan sub elemem profil pelajar Pancasila kurikulum merdeka belajar dalam tiga kategori komponen atika dalam aksiologi filsafat. Ditemukan ada tiga dimensi yang mengandung etika deskriptif; ada empat dimensi yang mengandung etika normatif; dan ada tiga dimensi yang mengandung etika metaetika.
Unduhan
Referensi
Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i2.1452
Abdulhak, I. (2008). Filsafat ilmu pendidikan. Remaja Rosdakarya, 1(2008), 1–15.
BSKAP, K. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.. Kemendibudristek.
Burbano. (2015). No Title. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Deskriptif, E., Deskriptif, E., Deskriptif, E., Soviet, N. U., & Soviet, U. (n.d.). Etika deskriptif.
Juhari. (2019). Aksiologi Ilmu Pengetahuan. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 3(1), 95–108.
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Kebijakan, L., & Tantangan, D. A. N. (2022). Lompatan Kebijakan Dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka : April.
Kejuruan, D. S. M. (2020). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK). 1–40.
Kemdikbudristek. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 1–37.
Rahayu, W. (2019). Manajemen Diri. An-Nuha, 17(1), 79–90.
Rakhmat, M. (2013). EtikaProfesi.pdf.
Siregar, F. (2015). Etika Sebagai Filsafat Ilmu (Pengetahuan). Jurnal De’Rechtsstaat, 1(1), 54–61.
Sri Walny Rahayu. (2015). Kontribusi Filsafat Ilmu Terhadap Etika Keilmuan Masyarakat Modern (Contribution of Philosophy of Science of Ethics Scientific Modern Society). Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 17(67), 533–553.
Sulistyawati, T. E. (2020). Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i1.2
Surbakti, A. H. (2017). Pembelajaran Bahasa Ditinjau dari Segi Aksiologi. Jurnal As-Salam, 1(1), 18–23.
Tadjuddin Noer Effendi. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 1(1), 1–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/3670/2622
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte
Keywords | : |
Kata Kunci:
Filsafat Ilmu, Aksiologi, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka Belajar The philosophy of science, axiology, the profile of Pancasila student, the independent learning curriculum
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-12-01
|
Cara Mengutip | : |
Trisnawati, W., Putra, R. E., & Balti, L. (2022). TINJAUAN AKSIOLOGI PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 286–294. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.985
|
Terbitan | : |