PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Megawati Megawati ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Reni Novita Sari ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah  pembelajaran IPA di kelas IV SDN 219/II BTN Lintas Asri kurang bermakna dan belum memberikan kesempatan yang cukup bagi peserta didik untuk melakukan kerja ilmiah. Sehingga hasil belajar IPA menjadi tidak maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model quantum learning dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini  adalah PTK dengan tujuan melakukan serangkaian tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lembar observasi pendidik pada siklus I mencapai 63,15% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan berhasil mencapai 81,57%. Lembar observasi peserta didik pada siklus I hanya mencapai 48,27%, sedangkan pada siklus II berhasil meningkat mencapai 79,31%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai ketuntasan 41,37%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan mencapai 82,75%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa proses dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 219/II BTN Lintas Asri dapat menigkat melalui penerapan model quantum learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, Sa’dun. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Yogyakarta: Cipta Media.

Amrullah, Hanif. 2020. Pembelajaran IPA SD/MI Yang Menyenangkan. Malang: Pustaka Learning Center

Aqib, Zainal. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD,SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hendriani, A. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1).

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud RI. (2013). Bahan Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta.

Kurniyati, D. (2016). Peningkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching di SD N balong. Basic Education, 5(4), 324-333.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2016). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Trimo Lavyanto. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wati, M. (2018). Pentingnya Pengakomodasian Pengalaman Belajar Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 21-30.

Wenno, Izaak H. 2010. Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa Dalam Pembelajaran di SMP/MTs. Jurnal Cakrawala Pendidikan. No 2 Juni 2010.

Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas penggunaan model quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96-102


Keywords  :  
Kata Kunci: proses, hasil belajar, IPA, quantum learning processes, learning outcomes, science, quantum learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Megawati, M., & Sari, R. N. (2022). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 369–377. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.981
Terbitan  :