THE EFFECTIVENESS OF LEARNING PROCEDURE TEXT IN SPEAKING PRACTICE BY USING VIDEO VLOG AT SMPN 7 MUARA BUNGO

Renda Lestari ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Winda Trisnawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Umul Fatihatun Nisa ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Kebanyakan dari Siswa sekolah menengah pertama merasa kesulitan belajar bahasa Inggris, diminta untuk praktik berbicara didepan kelas siswa sering merasa takut dan tidak percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan video vlog dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMPN 7 Muara Bungo. Metodelogi penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif kuasieksperiment.Analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis deskriptif speaking test. Sampel penelitian sebanyak 28 siswa dari kelas 9.3 SMPN 7 Muara Bungo.Pengambilan data yaitu menggunakan rubric teks procedure pembelajaran dalam praktik berbicara. Hasil penelitian ini beertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh video vlog untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dalam praktek procedure teks. siswa sering merasa tidak percaya diri membuat siswa malas untuk berbicara bahasa Inggris terutama didepan teman-temannya. Hasil penelitian menemukan bahwa menggunakan video vlog sebagai media meningkatkan kemampuan berbicara siswa tidak efektif, hasil uji statistik menunjukan thitung -4,82 < ttable 1,703. Karena banyak siswa menganggap menggunakan media dalam belajar rumit, siswa juga beralasan menggunakan video vlog membuat memory handphone penuh.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arianti, A., Nurnaningsih., & Pratiwi, V. U., (2018). A Media For Teaching Speaking Using Youtube Video. International Conference on Applied Science and Engineering (ICASE 2018)

Bajracharya, J. R. (2016). Strength of Traditional and Social Media in Education: A Review of the Literature. IOSR Journal of Research & Method in Education, 6(6), 13–21. https://doi.org/10.9790/7388-0606061321

Haidara, Y. (2016). Psychological Factor Affecting English Speaking Performance for the English Learners in Indonesia. Universal Journal of Educational Research, 4(7), 1501– 1505. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040701

Jupri. (2018). Using Video Recipe To Improve the Junior High School. Journal of Languange and Language Teaching, 6(2).

Maulidah, I. (2018). Vlog: The Mean to Improve Students’ Speaking Ability. 145(Iconelt 2017), 12–15. https://doi.org/10.2991/iconelt-17.2018.3

Rijal, S. and Rohaniyah, J. (2020) “IMPROVING STUDENTS’ READING ABILITY ON INTRODUCTION TO LINGUISTIC CLASS THROUGH TWO –STAY TWO STRAY (TS-TS) TECHNIQUE”, English Education:Journal of English Teaching and Research, 5(2), pp. 124-135. doi: 10.29407/jetar.v5i2.14782.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Lestari, R., Trisnawati, W., & Nisa, U. F. (2022). THE EFFECTIVENESS OF LEARNING PROCEDURE TEXT IN SPEAKING PRACTICE BY USING VIDEO VLOG AT SMPN 7 MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 312–315. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.968
Terbitan  :