PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Sinta Wdiya Ningtias ( STAI Tulang Bawang )
Rahayu Soraya ( STKIP Al Islam Tunas Bangsa )

Abstrak

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan bepikir tingkat tinggi siswa salah satunya kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek pada penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial.Untuk data tes kemampuan komunikasi matematis siswa terdiri dari 4 butir soal essay meliputi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu, drawing (mengungkapkan ide kedalam bentuk gambar, grafik maupun diagram), written text (memberikan penjelasan secara matematis dengan bahasa yang benar), dan mathematical expression (membuat ekspresi matematika). Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk mendapatkan gambaran secara komprehensif terkait kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing memebrikan pengaruh yang positif dalam menigkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini dibuktikan dari rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen (25,59), sedangkan pada skor kelas kontrol (20,58). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiputra, D. K. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI SD NEGERI CIPETE 2 KECAMATAN CURUG KOTA SERANG. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 1(1), 22–34.

Alimin, E. K. (2020). MATEMATIKA SEBAGAI SEBUAH BAHASA. JURNAL MITRA MANAJEMEN, 5(1).

Aprilliani, D., & Rahayu, T. S. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran TSTS Berbantuan Media Tangram. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1).

Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan motivasi terhadap hasil belajar Fisika siswa. Saintifika, 18(1).

Mujib, M., & Mardiyah, M. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187–196.

Ningtias, S. W., & Sutiarso, S. (2020). The analysis of mathematical communication skills in junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 12057.

Palupi, D. R., Lasmawan, I. W., & Ardana, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Disposisi Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018 JIPP. Volume, 14(3), 295–306.

Permendikbud, R. I. (n.d.). No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdikbud.

Rahmalia, R., Hajidin, H., & Ansari, B. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149.

Ramadhani, R. (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada model Problem Based Learning. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 116–122.

Sari, D. S., Kusnandi, K., & Suhendra, S. (2017). A cognitive analysis of students’ mathematical communication ability on geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12083.

Septiana, A. C., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2019). Mathematics communications skill of student in senior high school on introvert. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1), 12106.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Wijaya, H. P. I., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sesuai dengan Gender Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Balok Dan Kubus (Studi Kasus Pada Siswa SMP Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang). Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(9).

Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2).


Keywords  :  
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Komunikasi Matematis
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Ningtias, S. W., & Soraya, R. (2022). PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 347–355. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.957
Terbitan  :