PENERAPAN MODEL ANALYSIS, FINDINGS, DEVELOPMENT, ORGANIZING THE MATERIAL AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini adalah siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran, siswa tidak mampu memecahkan masalah secara mandiri, siswa tidak mampu menganalisis materi pembelajaran secara mendalam dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga berdampak pada proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 217/II Bangun Harjo Pelepat Ilir Bungo, Jambi, Indonesia. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 18 siswa, 10 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik wawancara,observasi,tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian mengunakan lembar tes dan lembar observasi. Hasil penelitian adalah dengan menggunakn model Analysis, Findings, Development, Organizing The Material And Learning dalam pembelajaran PKN dapat meningkatkan proses dan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN 217/II Bangun Harjo.
Unduhan
Referensi
Abidin, Z & Walida, S E. (2016). Developing Interactive Analytical Geometry E-Book Model to Enhance Students? Valid, Praktical, and Effective Independent Learning and Competence at The Mathematics Education Department. International Journal of Science and Research (IJSR). Vol 5(9). 1027-1031. https://www.ijsr.net/getabstract.php?paperid=ART20161695
Apdoludin & Martinisyamin, (2022) Modeling Analysis, Findings, Development, Organizing the Material and Learning for Students in Islamic Boarding Schools. Jurnal Pendidikan Islam. 8(1). 25-36. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.15277
Apdoludin, Wiryotinoyo M., & Hadiyanto. (2017). Analysis and discovery model for learning yellow book in pesantren. The Online Journal of New Horizons in Education, 7 (4), 1-11. https://www.tojned.net/journals/tojned/articles/v07i04/v07i04-01.pdf
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
Bruce, J., Marsha, W., & Emily, C. (2011). Models of teaching model-model pengajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hanifah, Nurdinah. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas:Teori dan. Aplikasinya.Bandung: UPI PRESS
Lewin, Kurt. 1997. Resolving social conflicts and field theory in social science. New York:
Shtiani & Fathi, A. (2007). A comparison of the cooperative learning model and traditional learning model on academic achievement. Journal of Applied Sciences, 7 (1), 137-140. DOI: 10.3923/jas.2007.137.140
Stephen J Ball (2022). Education policy network analysis: The state of the art. International Journal of Educational Research. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.102096
Susana Cariñanos-Ayala, (2022). The use of structured debate as a teaching strategy among undergraduate nursing students: A systematic review. Nurse Education Today. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.104766
Keywords | : |
Kata Kunci:
Analysis, Findings, Development, Organizing, Material, Proses, Hasil Analysis, Findings, Development, Organizing, Material, Process, Outcomes
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-06-03
|
Cara Mengutip | : |
Apdoludin, A., Lestari, U., & Habibie, Z. R. (2023). PENERAPAN MODEL ANALYSIS, FINDINGS, DEVELOPMENT, ORGANIZING THE MATERIAL AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 164–169. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.951
|
Terbitan | : |