IDENTIFIKASI PENYEBAB TURUNNYA KETERTARIKAN CALON PESERTA DIDIK UNTUK MENEMPUH PENDIDIKAN DI MI AL-FURQ'ON

Endang Sri Wahyuni ( Universitas Muhammadiyah Gresik )
Ismail Marzuki ( Universitas Muhammadiyah Gresik )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kurangnya ketertarikan calon peserta didik untuk menempuh pendidikan di MI-Al Furqon Srowo Sidayu Studi saat ini menggunakan kualitatif deskriptif menggunakan metode wawancara, menggunakan angket wawancara yang bisa diperlukan sebagai acuan agar mendapatkan hasil sesuai harapan. Subyek pada penelitian ini adalah warga disekitar MI Al-Furqon Srowo Sidayu beserta anak yang tidak sekolah di Mi Al-Furqon Srowo Sidayu dan anak jenjang sekolah Taman Kanak-kanak pada kelompok A dan kelompok B. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab kurangnya ketertarikan calon peserta didik untuk menempuh pendidikan di MI Al-Furqon Srowo Sidayu terjadi karena 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan penyebab yang ada dalam diri individu (instansi) tersebut dan faktor eksternal merupakan penyebab yang berasal dari luar individu (instansi) tersebut. 67% penyebab kurangnya ketertarikan calon peserta didik untuk menempuh pendidikan di MI Al-Furqon disebabkan oleh faktor internal sekolah, dan 33% terjadi karena faktor eksternal sekolah dan faktor terbesar didalam eksternal sekolah yaitu mengikuti teman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amiruddin, S. R. Nasution, S. Hutasuhut, M. Isa, and F. Zaini. (2022). Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Di MTs Pab-1 Sampali,” J. Muara Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 9–13, 2022, doi: 10.52060/mp.v7i1.649.

Jannah et al. (2018). Pengelolaan sekolah dalam mengatasi turunnya animo masyarakat terhadap SD Negeri tegalmuncar. pp. 1–12, 2018.

M. Mustari, D. Ph, M. T. Rahman, and D. Ph, Manajement Pendidikan. 2014.

T. Handayani, “Interaksi Edukatif di Sekolah,” Al-Riwayah J. Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp. 161–176, 2015, [Online]. Available: http://ejournal.stain.sorong.ac.id/indeks.php/al-riwayah.

N. K. Umam, A. M. Bakhtiar, and H. Iskandar, “Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan,” Trapsila J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 02, p. 1, 2019, doi: 10.30742/tpd.v1i02.857.

W. N. Nasution, STRATEGI PEMBELAJARAN. Medan: Perdana Publishing. 2017.

U. Syahwani, “STRATEGI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IX MTs NEGERI KETAPANG,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11346.

D. Aris, “Minat Siswa Kelas IV DAN V SD Negeri I Batur Banjarnegara Terhadap Ekstrakurikuler Bolavoli Mini Tahun Ajaran 2011/2012 T,” Skripsi Fak. Ilmu Keolahragaan, pp. 8–25, 2012, [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7637.

D. Erica, H. Haryanto, M. Rahmawati, and I. . Vidada, “Peran orang tua terhadap pendidikan anak usia dini dalam pandangan islam. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(2), 58-66.,” Univers. Pendidik., no. april 2017, pp. 8–22, 2019.

Wicaksana, A H. (2016) Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler.Tesis: PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG http://etheses.uin-malang.ac.id/6078/1/13710036.pdf

.


Keywords  :  
Kata Kunci: Ketertarikan, Peserta Didik, Pendidikan Interests, Student, Education
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Wahyuni, E. S., & Marzuki, I. (2022). IDENTIFIKASI PENYEBAB TURUNNYA KETERTARIKAN CALON PESERTA DIDIK UNTUK MENEMPUH PENDIDIKAN DI MI AL-FURQ’ON. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 249–254. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.950
Terbitan  :