DESKRIPSI DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARI RUMAH DI KOTA PALOPO
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran berupa pengaruh pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran dari rumah di Kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Covid-19 berdampak signifikan terhadap sistem pembelajaran di SD dan SMP di Kota Palopo. Terdapat dampak negatif dan positif Covid-19 terhadap sistem pembelajaran di Sekolah; 2. Orangtua memberikan respon negatif terhadap pembelajaran daring selama masa belajar dari rumah yang disebabkan beberapa faktor; 3. Orangtua SD memiliki tingkat respon yang lebih dibandingkan dengan orangtua yang memiliki anak pada jenjang SMP; 4. Keterlibatan orangtua selama masa belajar dari rumah sangat tiinggi. Data menunjukkan bahwa 58% selalu, 29% sering, 11% jarang dan 2% tidak pernah terlibat dan berperan salam masa belajar dari rumah; 5. Keterlibatan orangtua SD lebih tinggi dibandingkan dengan keterlibatan orangtua yang memiliki anak pada jenjang SMP.
Unduhan
Referensi
Basilaia, G., dan Kvavadze, D. 2020. Transition to Online Education in Schools during a SARSCoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research. 5(4).
Epstein, J. L., dan Becker, H. J. (2018). Teachers’ reported practices of parent involvement: Problems and possibilities. School, Family, and Community Partnerships, Student Economy Edition: Preparing Educators and Improving Schools, 83(2), 115–128.
Mann, M., Hosman, C. M. H., Schaalma, H. P., dan De Vries, N. K. 2004. Self-esteem in a broadspectrum approach for mental health promotion. Health Education Research. 19(4):357–372.
Martsiswati, E., dan Suryono, Y. 2014. Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 1(2):187
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., dan Fauzan, R. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology.1(2):151
Noble, K. G., Houston, S. M., Brito, N. H., Bartsch, H., Kan, E., Kuperman, J. M., Akshoomoff, N., Amaral, D. G., Bloss, C. S., Libiger, O., Schork, N. J., Murray, S. S., Casey, B. J., Chang, L., Ernst, T. M., Frazier, J. A., Gruen, J. R., Kennedy, D. N., Van Zijl, dan Sowell, E. R. 2015. Family income, parental education and brain structure in children and adolescents. Nature Neuroscience, 18(5):773–778
Purwanto, A., Asbari, M., Fahlevi, M., Mufid, A., Agistiawati, E., Cahyono, Y., dan Suryani, P. 2020. Impact of Work From Home (WFH) on Indonesian Teachers Performance During the Covid-19 Pandemic: An Exploratory Study. International Journal of Advanced Science and Technology. 29(5):6235–6244
Sudjana, D. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sudjana, dan Djudju. 2004. Manajemen Program Pendidikan; Untuk Program Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.
Wyatt Kaminski, J., Valle, L. A., Filene, J. H., dan Boyle, C. L. 2008. A meta-analytic review of components associated with parent training program effectiveness. Journal of Abnormal Child Psychology. 36(4): 567–589
Yulianingsih W, Suhanadji, Nugroho R, dan Mustakim. Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2): 1138-1150.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Covid-19, Proses Pembelajaran, Rumah Covid-19, Learning Process, Home
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-12-01
|
Cara Mengutip | : |
Samsinar, S., & Rajiman, W. (2022). DESKRIPSI DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARI RUMAH DI KOTA PALOPO. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 178–190. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.942
|
Terbitan | : |