ANALISIS KESIAPAN DAN KEBERLANJUTAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (STUDI KASUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAMBI)

Helmina Helmina ( Universitas Muhammadiyah Jambi )
Yahfenel Evi Fussalam ( Universitas Muhammadiyah Jambi  --  https://orcid.org/0000-0001-9163-3767 )
Resi Silvia ( Universitas Adhiwangsa Jambi )
Yusrizal Yusrizal ( Universitas Terbuka )

Abstrak

PTM di Universitas Muhammadiyah Jambi” bertujuan untuk menghasilkan menganalisis kebijakan pengelolaan pembelajaran terutama dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM). Metodologi Penelitian Mix Method digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data dikumpulkan secara kuantitatif melalui survei, sementara data kualitatif diperololeh melalui studi dokumen, wawancara (Creswell, 2015). Adapun tujuan penelitian ini, yaitu (1) bagaimana pemahaman civitas akademik tentang kebijakan MKBM, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat program MKBM di Universitas Muhammadiyah yang ada di provinsi Jambi. Informan penelitian berasal civitas akademik berjumlah 550 orang mulai dari unsur pimpinan, tenaga pendidik (dosen), tenaga kependidikan (staf, Tu dll), dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jambi yang terpilih melalui purposive sampling. Secara singkat, tujuan penelitian ini, yaitu (1) bagaimana pemahaman civitas akademik (Dosen dan Mahasiswa) tentang kebijakan MKBM, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat program MKBM di PTM yang ada di provinsi Jambi. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik bagi Perguruan Tinggi yang tengah/akan melaksanakan MBKM dan menjadi rekomendasi kepada pembuat kebijakan dalam meningkan daya saing pendidikan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2013). Qualitative Research of Education: An Introductive to Theories and Methods (7th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Bungin, Burhan. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Depok : PT Raja Grafindo.

Creswell, J. W. (2015). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, Inc.

Data Profil Universitas Muhammadiyah Jambi di akses https://umjambi.ac.id

Fatimah, S. (2020). Desain Implementasi Kurikulum Kampus Merdeka-Merdeka Belajar. Bandung: FPMIPA-UPI Bandung.

Fuadi, T.M. & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614.

Hendayana, Y et al. (2020). Buku Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19 (Pembelajaran Perguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Insani, N.N., Fitriasari, S. & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial. 5(2), 245-251.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. (2014). An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Muslikh. (2020). Landasan Filosofi dan Analisis Terhadap Kebijakan MBKM. Jurnal Syntax Transformation, 1 (3): 40-46.

Nasrulhaq dkk. (2022). Diseminasi Kebijakan Pendidikan melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Makassar Indonesia. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. 5 (1), 21-29

Nizam. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Siregar, N. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Islamic Education, 1(1): 141-157.

Usmaedi, U. (2021). Education Curriculum for Society 5.0 in the Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63-79.

Widodo, B. (2021). Implementasi Education 4.0 dan Merdeka Belajar dalam Matematika di Perguruan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 1-7

Wijaya, H dkk. (2022). Dampak Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Dosen, Mahasiswa, Dan Tenaga Kependidikan Di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis. 7 (1), 74-98

Yamin, Muhammad, dan Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran), Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6 (1) 126-136


Keywords  :  
Kata Kunci: Analisis, Kesiapan, Keberlanjutan, MBKM Analysis, Readiness, Sustainability, MKBM
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Helmina, H., Fussalam, Y. E., Silvia, R., & Yusrizal, Y. (2022). ANALISIS KESIAPAN DAN KEBERLANJUTAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (STUDI KASUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAMBI). Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 198–208. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/926
Terbitan  :