PEMANFAATAN APLIKASI ENGLISH PRONOUNCER UNTUK PENGAJARAN MATA KULIAH SPEAKING I MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS STKIP YPM BANGKO
Abstrak
Kemampuan speaking mahasiswa semester I dengan pronunce yang baik tergolong masih rendah. Oleh karena itu, pada Semester II perlu adanya upaya untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan penggunaan mobile learning berbasis smartphone android menggunakan aplikasi "English Pronouncer". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil dan implementasi dari proses pengajaran speaking I menggunakan aplikasi English Pronouncer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan penelitian meliputi: (1) Rencana Tindakan; (2) Pelaksanaan Tindakan yang direncanakan dengan tiga siklus; (3) Pengumpulan data dan (4) Analisis Data. Hasil penelitian menunjukan Pada siklus I skor rata-rata adalah 61,66 dengan mahasiswa tuntas (mencapai skor 75) adalah 5 mahasiswa dari total 15 mahasiswa atau 33,33%. Pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 74,44 dengan diikuti peningkatan ketuntasan menjadi 7 mahasiswa atau 46,66%. Pada siklus III skor rata-rata menigkat lagi menjadi 97,22 dengan mahasiswa tuntas berjumlah 14 mahasiswa dari total 15 mahasiswa atau 93,33%. Sejalan dengan peningkatan skor, terjadi penurun kesalahan pengucapan (pronounce) dari siklus I ke siklus II dan III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan aplikasi English pronouncer untuk pengajaran mata kuliah speaking I dapat meningkakan kemampuan speaking mahasiswa.
Unduhan
Referensi
Endahati N. Peningkatan Kemampuan Pronunciation Mahasiswa Kelas A1 Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UPY TA 2013/2014 Melalui Pendekatan Audio lingual. Universitas PGRI Yogyakarta; 2016. 1-8. Available from: http://repository.upy.ac.id/445/
Farhana, H., Awiria., Muttaqien, N. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Cerdas,Jakarta.pp. 1-34. Wangi W, Lestari SD. Analisa Kesalahan Pengucapan Siswa-Siswi pada English Diphtongs Melalui Aplikasi Android “English Pronunciation By Kepham”. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 2020; 10(1): 12-9. https://doi.org/10.21067/jip.v10i1.3703.
Hidayati PS, Rosyid A. Pembelajaran English Pronunciation Melalui Mobile Assisted Language Learning (Mall): Potensi Dan Hambatan. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2020; 4(2): 61-6. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v4i2.2524
Indihadi, D. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa. 1(1), 1–15. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/DUALMODES/PEMBINAAN_BAHASA_INDONESIA_SEBAGAI_BAHASA_KEDUA/10_BBM_8.pdf
Kemampuan Berbahasa Inggris Masyarakat Indonesia Berkategori Rendah. Katadata, Ridhoi MA, c2020 [cited 2022 Jan 30]. Available from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/14/ef-kemampuan-berbahasa-inggrismasyarakat-indonesia-berkategori-rendah
Megawati F. Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. PEDAGOGIA : Jurnal Pendidikan. 2016; 5(2): 147-56.DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246
Mustikareni, D. (2013). Error Analysis on English Diphthongs Pronounced By the Students of Sma Negeri 1 Comal and Sma Negeri 1 Banjarnegara in English Debate on “ Relax ” Tv Program of Tvri. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/17220/1/2201409097.pdf
Paulins N, Balina S, Arhipova I. Learning Content Development Methodology for Mobile Devices. Procedia Computer Science. 2015; 43: 147-53. https://doi.org/10.1016/j.procs.2014.12.020
Suhardiana IPA. Peran Teknologi Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar. 2019; 4(1): 92-102. http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.934
Utari DA, Miftachudin M, Hasin MK. APLIKASI ANDROID ‘SMART TECHNICAL ENGLISH’ UNTUK MENINGKATKAN KEAHLIAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA VOKASI. MetaLingua. 2019; 4(2): 51-8. https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i2.6129
Wibowo AI. Pemanfaatan Aplikasi Android TFLAT ENGLISH PRONUNCIATIOn Untuk Pengajaran Pelafalan Pada Mahasiswa Semester Tiga Prodi Sekretaris. Prosiding Seminar Nasional KALUNI. 2018; 1: 143-9. Available from: https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/254678/221-450-1-PB.pdf
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-12-01
|
Cara Mengutip | : |
Andriani, D., & Utaminingsih, S. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI ENGLISH PRONOUNCER UNTUK PENGAJARAN MATA KULIAH SPEAKING I MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS STKIP YPM BANGKO. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 306–311. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.921
|
Terbitan | : |