EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DAN PRAKTIKUMNYA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA

Siti Darmawati ( Universitas Darussalam Ambon )
Kasliyanto Kasliyanto ( Universitas Darussalam Ambon )
Abdullah Derlean ( Universitas Darussalam Ambon )

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan efek antara PTM terbatas pada pembelajaran IPA yang disertai praktikum dan tanpa praktikum terhadap hasil belajar siswa; (2)
perbedaan efek antara tinggi, sedang, rendah kamandirian belajar terhadap hasil belajar siswa; dan (3) interaksi antara kemandirian belajar dengan pembelajaran IPA menggunakan praktikum terhadap hasil belajar siswa pada PTM terbatas. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII SMP Negeri 13 Maluku Tengah Tahun Ajaran 2021 genap, dengan populasi sebanyak 132 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Samples T Test, K Independent Samples T Test, Regression Linear dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciense (SPSS) versi 23.0. berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa (1) ada perbedaan efek PTM terbatas pada pembelajaran IPA yang disertai dengan praktikum dan tanpa praktikum terhadap hasil belajar siswa; (2) ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mempunyai kemandirian tinggi, sedang, dan rendah; dan (3) ada interaksi kemandirian belajar dengan pembelajaran IPA menggunakan praktikum terhadap hasil belajar siswa pada PTM terbatas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Erwinsyah., Wildan, A. C., dan Sumaryoto. 2022. Pengaruh kemandirian belajar dan kuriositas terhadap prestasi belajar IPA. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1): 1-12.

Handayani, N. N. L., Dantes, N., dan Suastra, I. W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Terhadap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3.

Hendriana, H., Rohaeti, E E., dan Sumarmo, U. 2018. Hard Skills dan Softskills Matematik Siswa. PT Refika Aditama: Bandung.

Kasmawati, A. D., Jamilah., dan Taufik, A. U. 2021. Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di Kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai. Jurnal Al-Ahya, 3 (1), 40-51.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Keputusan Bersama Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVTD-l9). www.kemdibud.go.id, diakses pada tanggal 07-02-2022.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi COVID-19 di SMA. www.kemdibud.go.id, diakses pada tanggal 07-02-2022.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2020. Penilaian pada Kondisi Khusus di SMA. www.kemdibud.go.id, diakses pada tanggal 07-02-2022.

Maharani, W. 2021. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA SD Negeri 4 Mertro Utara. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (3).

Nurlia., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., dan Taiyeb, A. M. 2017. Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2): 321-328.

Onde, M. K. L. O. 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (Edukatif), 3(6): 4400 – 4406.

Permatasari, F., Ghozali, M. I. A., dan Purwati, R. 2022. Efektivitas Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV MI Ma’arif Sutawinangun Kabupaten Cirebon. EduBase: Jurnal of Basic Education, 3 (1), 110-116.

Rahayu, I. F., dan Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. JPMI–Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (4), 789-798.


Keywords  :  
Kata Kunci: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Kemandirian Siswa, Hasil Belajar Limited Face-to-face Learning, Student Independence, Learning Outcomes, Practice, Science
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Darmawati, S., Kasliyanto, K., & Derlean, A. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DAN PRAKTIKUMNYA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 295–305. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.920
Terbitan  :