ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP SE-KOTA SUNGAI PENUH DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM

Sonya Fiskha Dwi Patri ( STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh )
Sonya Heswari ( STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh )

Abstrak

Asesmen nasional merupakan kebijakan pemerintah berdasarkan permendikbudristek nomor 17 tahun 2021 yang telah diterapkan di sekolah termasuk sekolah tingkat SMP di Kota Sungai Penuh. Asesmen nasional masih terasa awam dikalangan guru, siswa maupun stakeholder lainnya namun dengan adanya kebijakan program asesmen nasional sebagai pengganti UN pihak sekolah siap tidak siap dituntut untuk melaksanakan asesmen nasional yang salah satu bagiannya yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Data kesiapan pelaksanaan AKM perlu diketahui khususnya kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal AKM agar didapatkan langkah perbaikan jelas yang berbasis data. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan dan kemampuan numerasi siswa SMP se-Kota Sungai Penuh dalam menyelesaikan soal AKM. Penelitian menggunakan 2 instrumen yaitu soal AKM numerasi dan angket persepsi siswa. Dari hasil analisis diperoleh data kemampuan penyelesaian soal AKM numerasi dengan rata-rata nilai siswa yaitu 57,36 dan rata-rata jumlah skor kriterium yaitu sebesar 2,80 dengan kategori sedang. Data tersebut menunjukan bahwa kemampuan numerasi siswa SMP seKota Sungai Penuh perlu ditingkatkan serta perlu adanya pengenalan soal-soal literasi dan numerasi sejak siswa duduk dibangku kelas VII sehingga ketika pelaksanaan AKM dikelas VIII siswa telah terbiasa menyelesaikan soal literasi dan numerasi dengan berbagai tipe soal sesuai indikator  asesmen   kompetensi minimum (AKM)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Eduka, P. & Mitrasiswa. (2021). 99% Sukses Menghadapi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) (Jakarta Selatan; 1st ed.). Cmedia.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Hardani, Andriani, H., Ustiawati, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Roushandy Asri Fardani, Sukman, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (H. Abadi, Ed.). Pustaka Ilmu.

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84–91. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1810

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Asesmen Nasional, Pub. L. No. 17, 1 (2021). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/175175/permendikbud-no-17-tahun-2021

Patri, S. F. D. (2022). Konsep Asesmen Nasional (AN) untuk Meningkatkan Mutu Proses dan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Edukasi, 4, 43–50.

Riinawati. (2021). Pengantar Evaluasi Pendidikan (Banjarmasin). Thema Publishing.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). ANALISIS KESIAPAN PESERTA DIDIK DAN GURU PADA ASESMEN NASIONAL (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM, SURVEY KARAKTER, DAN SURVEY LINGKUNGAN BELAJAR. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p61

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insight and Interpretations (Paris). https://www.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf

Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018 (Jakarta).


Keywords  :  
Kata Kunci: AN, AKM, Numerasi AN, AKM, Numeration
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP SE-KOTA SUNGAI PENUH DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 232–237. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.919
Terbitan  :